oleh

Dapat Virus Saat Pelatihan, Instruktur Senam Tularkan Covid-19 ke Peserta Kelasnya

SULSELONLINE.COM – Karena latihan dance di sebuah pusat kebugaran, seratusan orang tertular virus Corona COVID-19 di Korea Selatan. Hindarilah pusat kebugaran dan tempat keramaian.

Dilaporkan, belasan peserta kelas dance di Korea tertular virus Corona. Peserta pelatihan tersebut merupakan instruktur senam yang diadakan di Cheonan pada 15 Februari.

Mendikbud Siap Mulai Tahun Ajaran Baru di Tengah Pandemi

Pelatihan intensif selama 4 jam tersebut diikuti 27 instruktur, 8 di antaranya dinyatakan positif COVID-19 meski tidak bergejala.

Sehabis mengikuti pelatihan, para instruktur ini melatih di kelas masing-masing. Lalu tersebarlah virus tersebut.

Pada 9 Maret, teridentifikasi 112 kasus COVID-19 yang terhubung dengan kelas pelatihan dance tersebut. Kasus-kasus tersebut tersebar di 12 pusat kebugaran di Cheonan.

4 Kebiasaan New Normal Ketika Berdamai dengan Covid-19

Separuh dari kasus tersebut terjadi karena penularan langsung dari instruktur ke peserta saat latihan. Satu sesi latihan berlangsung sekitar satu jam, dan digelar 2 kali sepekan.

Separuh lainnya terjadi karena penularan dari para peserta ke keluarga maupun rekan kerjanya. Keterkaitan lebih dari seratus kasus COVID-19 tersebut dilaporkan dalam jurnal ilmiah Emerging Infectious Disease.

“Kelembapan, atmosfer hangat di fasilitas olahraga berpadu dengan aliran udara turbulen yang dihasilkan dari olahraga fisik secara intens bisa menghasilkan penularan lebih rapat dari droplet terisolasi,” tulis pada peneliti, dikutip dari Livescience.(*)

Apa Itu Herd Immunity ? Cocok Diterapkan di Indonesia ?

Bapenda Sulsel

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *