oleh

Tata Cara, Doa dan Lafaz Niat Saat Menyerahkan Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri atau Mewakili Orang

SULSELONLINE.COM – Zakat adalah salah pondasi syariat Islam yang merupakan suatu kewajiban bagi seorang muslim mulai dari bayi hingga orang tua.

Sesungguhnya puasa di bulan Ramadhan tergantung di antara langit dan bumi, dan tidak akan terangkat melainkan dengan zakat fitrah.

Allah Ta’ala mewajibkan zakat sebagaiman firman-Nya: “Dan dirikanlah salat dan tunaikanlah zakat. Dan kebaikan apapun yang kalian kerjakan bagi diri kalian, tentu kalian akan mendapat pahalanya di sisi Allah. Sesungguhnya Allah Maha Melihat apa-apa yang kalian kerjakan”. (QS Al Baqarah:110).

Syarat Wajib Menunaikan Zakat

1. Islam

2. Menjumpai akhir bulan Ramadhan dan awal bulan Syawal. Dan titik temu saat-saat tersebut adalah saat terbenam matahari hari terakhir bulan Ramadhan. Sehingga apabila seseorang meninggal setelah terbenam matahari, atau seorang bayi dilahirkan sebelum terbenam matahari maka telah wajib atas mereka membayar zakat fitrah.

3. Memiliki kelebihan pada hari raya dan malamnya dari kebutuhan pokok makanan, pakaian, tempat tinggal dan pembantu (yang ia butuhkan untuk mengurus keperluan diri dan keluarga yang wajib ia nafkahi), untuk dirinya dan untuk orang-orang yang wajib ia nafkahi.

Bentuk Zakat yang Disyariatkan

Bapenda Sulsel

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *