oleh

Chaidir Syam Hadir di Halalbihalal Virtual FISIP Unhas bersama Puluhan Alumni di Maros

SULSELONLINE.COM, MAROS — Pandemi Covid-19 membuat banyak kegiatan tak digelar secara tatap muka. Namun tidak berarti hubungan silaturahmi terputus.

Saling sapa dengan teman dan sahabat tetap bisa berjalan, meski secara virtual atau di ruang digital. Ratusan alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar dengan menggelar halalbihalal virtual, Sabtu 13 Juni, kemarin.

Hadir dalam acara ini Ketua Umum IKA Unhas, M Jusuf Kalla, Rektor Unhas, Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu MA, Dekan Fisip Unhas, Prof Dr Armin MSi dan Ketua IKA FISIP Unhas, Andi Fashar M Padjalangi serta ratusan alumni Fisip Unhas dari berbagai wilayah.

Beberapa alumni FISIP Unhas yang saat ini bermosili di Eropa, Amerika, Timur Tengah, hingga Australia tampak hadir memeriahkan acara. Sejumlah alumni yang kini menjabat pejabat publik, di antaranya Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani.

Sementara Wakil Ketua DPRD Maros, A.S Chaidir Syam memimpin puluhan alumni FISIP Unhas yang berada di Maros mengikuti acara ini dari D’Clove Cafe Turikale Maros.

“Meski silaturahmi jarak jauh, kita saling bercanda di depan layar. Jauh di mata tapi dekat di hati,” ujarnya, Ahad (14/6/2020).

Halalbihalal virtual ini diawali menyanyikan bersama lagu Indonesia Raya, Mars Unhas dan Mars FISIP Unhas. Kemudian sambutan Prof Dr Armin MSi, yang mengungkapkan bahwa kegiatan virtual seperti ini merupakan langkah taktis untuk merespon situasi pandemi Covid-19.

HM Jusuf Kalla dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat hari raya Idul Fitri bagi seluruh alumni FISIP Unhas. Menurutnya halalbihalal virtual menjadi salah satu media di tengah pandemi untuk tetap saling bersilaturahmi memberi maaf antar sesama manusia.

Dia menghimbau agar seluruh alumni bisa berkolaborasi guna mengatasi masalah wabah Covid-19. Persatuan dan kesatuan serta disiplin yang kuat menjadi landasan untuk berperan aktif mengajak warga masyarakat agar mematuhi dan mengikuti anjuran pemerintah untuk menekan laju pertumbuhan penyebaran Covid-19.

Sedangkan Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu MA mengungkapkan bahwa alumni FISIP Unhas harus bersatu membanggakan almamater dan mengambil peran mengatasi permasalahan wabah Covid-19.

Selain itu dia berharap peran serta alumni dalam mendukung konsep ‘Merdeka Belajar’ sangat diperlukan guna menghasilkan luaran yang berdaya saing dan mampu diserap langsung dalam dunia kerja.

“Kami ingin para alumni lebih dekat lagi dengan kampus, menjadi pengajar tamu. Dalam konsep Merdeka Belajar, kita diminta menghadirkan pengajar yang berasal dari dunia kerja. Kesempatan ini kita jadikan sebagai sarana berkumpul sekaligus memberi masukan dan rekomendasi untuk Unhas lebih baik,” paparnya.

Usai sambutan-sambutan, kegiatan dilanjutkan dengan mendengarkan hikmah dan refleksi halalbihalal yang disampaikan oleh Ustadz Agung Wirawan, yang juga FISIP Unhas. Serta bincang-bincang hangat para alumni yang bergabung.

Acara yang dipandu oleh Humas Unhas yang juga Dosen Hubungan Internasional FISIP Unhas, Ishaq Rahman ini diikuti lebih 500 peserta melalui zoom meeting dan ribuan alumni melalui Facebook Live. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *