oleh

Genggaman Tangan Suami Saat Istri Berjuang Melahirkan Bisa Redam Rasa Sakit dan Dapat Memberi Rasa Nyaman

SULSELONLINE.COM — Bagi seorang perempuan melahirkan adalah proses yang tidak mudah. Perasaan pun campur aduk tak karuan.

Di satu sisi merasa bahagia karena tak lama lagi akan menyambut kelahiran buah hati tercinta. Di sisi lain rasa sakitnya bisa terasa sangat luar biasa.

Pendampingan suami (selama memungkinkan dan diperbolehkan) bisa sangat membantu kelancaran persalinan istri. Bahkan genggaman tangan suami pada istri yang sedang berjuang melahirkan pun memiliki manfaat yang luar biasa. Lebih dari sekadar memberi semangat.

Sentuhan Bisa Meredam Rasa Sakit

Genggaman tangan melibatkan sentuhan. Sentuhan melibatkan kulit. Mengutip buku Psikologi Pengantin, salah satu indra sensoris yang diakui akurasinya setara dengan penglihatan mata adalah sentuhan. Sensasi rangsang fisik pada kulit sangat berpengaruh pada pengalaman psikologis.

Lebih lanjut lagi dijelaskan dalam buku tersebut bahwa stimulus fisik dalam bentuk sentuhan melibatkan energi mekanis, thermal, dan kimiawi yang menimpa kulit. Stimulasi pada kulit menghasilkan persepsi terhadap stimulasi taktil seperti tekanan, rasa hangat, dingin sekaligus sakit.

Lima Tips Puasa Sehat bagi Ibu Hamil dari Dokter Dyan Mega Inderawati

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *