oleh

Genggaman Tangan Suami Saat Istri Berjuang Melahirkan Bisa Redam Rasa Sakit dan Dapat Memberi Rasa Nyaman

Struktur serabut syaraf yang menghubungkan kulit dengan otak, memberikan informasi melalui tulang belakang termasuk otak. Jalur taktil melewati thalamus, terus menuju somatosensory cortex yang terletak pada otak bagian lobus parietal. Somatosensory cortex, berfungsi memberikan beberapa informasi ke tubuh seperti tekanan dan rasa sakit.

Saat seorang perempuan sedang mengejan dan merasakan sakit dalam proses melahirkan, sentuhan dari genggaman tangan suami dapat membantunya untuk meredam rasa sakit. Sebab saat sakit, bukan penglihatan yang berfungsi untuk meredam respons, tapi sentuhan.

Sentuhan Dapat Memberikan Rasa Nyaman

Sentuhan seorang suami pada istri atau sebaliknya bisa memberikan stimulus yang membangkitkan rasa tersendiri. Saat suami menggenggam tangan istri yang sedang berjuang melahirkan, istri bisa mendapatkan rasa aman dan nyaman.

Kulit dan sentuhan, memberikan informasi ke otak pada area yang mirip dengan area yang memberikan informasi tentang tekanan dan rasa sakit. Sentuhan dapat menghibur, meredakan marah, membangkitkan gairah, dan memberikan rasa nyaman.

Bagi yang saat ini sedang mendekati hari perkiraan lahir, bisa pertimbangkan atau rencanakan untuk mendapat pendampingan suami selama proses melahirkan. Kehadiran suami dan genggaman tangannya jelas akan memberi kenyamanan tersendiri.

Ini 11 Tanda Kehamilan Awal yang Wajib Diketahui

Bapenda Sulsel

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *