oleh

Tips Menyimpan Telur di Dalam Freezer

SULSELONLINE.COM — Freezer bukan hanya bisa digunakan untuk menyimpan daging, melainkan telur yang juga dapat kamu simpan di dalamnya.

Namun, apakah kamu bisa membekukan telur yang sudah dimasak? Lalu apa saja trik untuk membekukan telur mentah?

Berikut panduan lengkap membekukan setiap jenis telur seperti dilansir Kompas.com, Senin (29/6/2020);

– Apakah bisa membekukan telur yang sudah dimasak?

Bukan hanya bisa, tapi telur masak yang sudah dibekukan akan terasa lebih enak ketika sudah dihangatkan daripada telur masak yang disimpan di dalam kulkas biasa.

Pada akhir pekan, kamu bisa membuat sarapan burrito atau sandwich telur dan memasukkannya ke dalam freezer. Kemudian, keluarkan dari freezer semalam sebelum kamu memakannya untuk bisa memudahkan sarapan.

Kamu bisa membekukan telur yang sudah dimasak hingga satu tahun lamanya. Namun, telur tersebut terasa lebih enak dalam waktu tiga hingga enam bulan setelah dibekukan.

– Apakah bisa membekukan telur rebus?

Secara teknis, kamu bisa membekukan telur rebus di dalam freezer. Namun, telur tersebut tidak akan terasa terlalu enak. Putih telur bisa memiliki tekstur keras dan seperti karet.

Selain itu, putih telur juga akan mengeluarkan air ketika dicairkan dari freezer. Kuning telurnya punya rasa yang cukup enak.  Namun, disarankan untuk memakan langsung putih telurnya dan membekukan kuning telurnya di dalam kantung kedap udara.

– Apakah bisa membekukan deviled egg?

Seperti halnya telur rebus, bagian putih telur dari deviled egg akan berubah jadi karet dalam freezer. Oleh karena itu, lebih baik kamu membekukan campuran kuning telurnya saja.

Deviled egg adalah telur rebus yang disajikan dengan kuning telur dan sudah diberi berbagai macam bumbu, seperti garam, merica dan mayonaise atau mustard.

Kamu bisa merombak sedikit deviled egg jika ingin membekukannya. Kamu bisa memasukkan isian kuning telur yang sudah dibumbui tersebut ke dalam irisan roti baguette atau membuat telur “awan” sebagai pengganti putih telur.

– Apakah bisa membekukan telur orak-arik?

Telur orak-arik sangat mudah untuk dibekukan, serta punya rasa yang enak ketika sudah dihangatkan. Memasak telur orak-arik dengan tekstur yang sedikit cair akan sangat membantu mempertahankan tekstur lembut ketika telur dihangatkan.

Biarkan telur orak-arik benar-benar dingin sebelum membaginya jadi beberapa porsi dan memasukkannya dalam kantung khusus freezer. Selanjutnya, jika ingin dikonsumsi, keluarkan dari freezer dan masukkan ke dalam kulkas biasa untuk mencairkannya atau bisa juga menggunakan microwave sebelum menghangatkan telur tersebut.

– Apakah bisa membekukan kaserol telur?

Membekukan kaserol telur atau fritata jadi cara yang mudah untuk membuat sarapan. Caranya sama saja dengan telur orak-arik, tapi kamu harus memilih apakah ingin membekukan seluruh kaserol atau membaginya lebih dulu jadi porsi-porsi kecil.

– Apakah bisa membekukan telur dalam cangkangnya?

Kamu bisa membekukan telur mentah, tapi jangan pernah membekukannya dalam cangkangnya. Air di dalam telur akan menyebabkan cangkangnya pecah. Beberapa orang suka memisahkan putih dan kuning telur sebelum membekukannya. Hal tersebut agar fleksibilitas penggunaan telur.

Ingin menggunakan putih telur atau kuning telur saja atau mencampur keduanya, tergantung resep yang ingin dibuat.

– Apakah bisa membekukan telur mentah?

Setelah memisahkan telur dari cangkangnya, kamu bisa membekukan telur mentah. Caranya, pecahkan telur dan campurkan putih dan kuningnya. Kemudian, simpan telur dalam wadah tertutup khusus freezer. Perlu diketahui, tiga sendok makan telur yang dibekukan, kira-kira sama dengan satu telur segar.

– Apakah bisa membekukan putih telur?

Salah satu cara membekukan putih telur adalah menggunakan cetakan es batu. Dua sendok makan putih telur sama dengan satu putih telur segar. Oleh karena itu, membaginya ke dalam porsi-porsi kecil akan membuatnya lebih mudah diolah.

Setelah mencairkan putih telur yang ingin digunakan, biarkan di dalam suhu ruangan selama sekitar 30 menit. Putih telur tersebut bisa diolah dan menghasilkan volume yang lebih baik jika dibiarkan dalam suhu ruangan terlebih dahulu.

– Apakah bisa membekukan kuning telur?

Seiring berjalannya waktu, kuning telur akan memiliki tekstur seperti gelatin dan tidak dapat digunakan jika disimpan dalam freezer begitu saja.

Untuk mengakalinya, kamu bisa menambahkan garam atau gula untuk mecegah kuning telur mengental. Tambahkan saja sekitar 1/8 sendok teh garam atau sekitar 1-1/2 sendok teh gula untuk setiap 1/4 gelas kuning telur yang sama dengan sekitar empat kuning telur. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *