oleh

HUT ke-74 Bhayangkara: Jokowi Sampaikan 7 Instruksi Pedoman Tugas Polri

SULSELONLINE.COM, JAKARTA — Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Bhayangkara atau Hari Bhayangkara tahun ini diselenggarakan berbeda seiring adanya pandemi Covid-19, Rabu (1/7/2020).

Upacara yang biasanya diselenggarakan secara langsung atau tatap, kini dilakukan secara virtual.

Upacara ini dipimpin oleh Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi). Polda dan Polres mengikuti upacara di Istana Negara di Jakarta via siaran langsung.

Upacara Hari Bhayangkara ke-74 ini diikuti oleh 34 Polda dan 493 Polres serta seluruh Lemdik dan Pusdik yang ada di Indonesia.

Tahun ini, Kepolisian mengusung tema ‘Kamtibmas Kondusif, Masyarakat Semakin Produktif’ dengan beberapa kegiatan menjelang Hari Bhayangkara.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri, Brigadir Jenderal Awi Setiyono menyatakan bahwa beberapa kegiatan yang diusung tetap menyesuaikan kondisi saat ini dan mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid.

Beberapa kegiatan yang dimaksud misalnya, bakti sosial yang sudah diselenggarakan di sejumlah unit kepolisian dan jajaran di seluruh Indonesia.

Kemudian, unsur-unsur pimpinan kepolisian, termasuk Kapolri, Jenderal Idham Azis melakukan ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata Jakarta, pada 29 Juni kemarin.

Selain itu, sejak awal Juni, seluruh jajaran polri sudah melakukan sejumlah kegiatan simpatik seperti donor darah, pemberian sembako, bersih-bersih kampung dan tempat ibadah, serta menggelar rapid test di beberapa wilayah.

Jokowi dalam amanatnya mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas pengabdian, pengorbanan dan sumbangsih para anggota Polri dalam rangka menjaga keamanan, menjaga ketertiban dalam menegakkan hukum serta dalam memberikan pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

Dia juga menyampaikan sejumlah instruksi sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas Polri.

“Pertama, terus pegang teguh dan amalkan nilai-nilai luhur Tri Brata dan Catur Prasetya dalam setiap pelaksanaan tugas. Jaga kehormatan, jaga kepercayaan, dan jaga kebanggaan sebagai anggota Polri,” tegasnya.

Kedua, terus lakukan reformasi diri secara total. Bangun sistem dan tata kelola yang partisipatif, transparan, dan akuntabel serta bangun kultur kerja Polri yang profesional, modern, dan terpercaya.

Ketiga, terus mantapkan soliditas interal, perkuat sinergi dengan TNI dan seluruh elemen pemerintah maupun masyarakat untuk menghadapi tantangan yang semakin kompleks.

Keempat, terus terapkan strategi proaktif serta tindakan persuasif dan humanis dalam menangani masalah sosial yang terjadi di tengah masyarakat.

Kelima, terus tingkatkan pelayanan pubik yang modern dan profesional. Lakukan penanganan hukum secara transparan dan berkeadilan sehingga Polri semakin dipercaya masyarakat.

Keenam, terus jaga kedisiplinan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan agar masyarakat produktif dan aman dari Covid-19.

Ketujuh, harus ikut mendukung proses pemulihan ekonomi nasional sesuai kewenangan Polri dengan penuh tanggung jawab.

Usai memimpin upacara Hari Bhayangkara ke-74 secara virtual, Presiden Jokowi didampingi Kapolri Jenderal Idham Azis dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyapa peserta acara secara virtual.

Ada 6 polres yang dapat berinteraksi secara langsung dengan Presiden, yakni Polres Sabang, Polres Merauke, Polres Pulang Pisau, Polres Rote Ndao, Polres Talaud dan Polres Gunung Kidul. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *