oleh

Wagub Sulsel Datangi 130 Pesilat di Kodam XIV Hasanuddin

SULSELONLINE.COM – Wakil Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, menghadiri dan menyerahkan hadiah Festival Pencak Silat Tahun 2020, di Aula Serba Guna Kodam XIV Hasanuddin, Rabu, 1 Juli 2020. Festival Pencak Silat yang digelar oleh Kodam XIV Hasanuddin ini diikuti oleh 130 peserta, yang berasal dari 10 perguruan pencak silat.

Bagi Kodam XIV Hasanuddin, kegiatan ini merupakan wujud kerja komunikasi sosial kreatif TNI. Bersama Kasdam XIV Hasanuddin, Brigjen TNI Andi Muhammad, Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, menyaksikan aksi para pesilat itu.

“Kita sudah menyaksikan semua perguruan tampil. Kegiatan yang diselenggarakan ini merupakan wujud dari pada komunikasi sosial TNI bersama masyarakat, terutama anak-anak kita yang ada di pencak silat,” ungkap Kasdam XIV Hasanuddin, Brigjen TNI Andi Muhammad.

Andi Muhammad mengaku, kegiatan ini telah lama direncanakan. Namun karena kondisi pandemi Covid-19, sehingga peserta dibatasi hanya 10 perguruan dari lebih 50an peminat.

“Ada lebih 10 perguruan yang ingin ambil bagian, tapi karena protokol kesehatan sehingga dibatasi. Saya merasa bangga anak-anak kita yang merupakan generasi pelanjut diwadahi dengan kegiatan seperti ini,” lanjutnya.

Menurutnya, pencak silat bukan hanya olahraga, namun sudah menjadi karakter budaya bangsa, yang lahir sebelum negara kita terbentuk.

“Saya sangat mengharapkan kedepan event ini tetap dipelihara, kalau bisa ditingkatkan. Wagub Sulsel hadir disini, dengan harapan bisa lebih banyak memberi masukan atau peluang untuk mengembangkan pencak silat,” jelasnya.

Wagub Sulsel Temui Korban Longsor Palopo–Toraja Utara

“Jangan sampai budaya bangsa kita di ambil negara lain. Saya lihat antuasias luar biasa, semoga dengan semangat pencak silat, kedepan anak-anak kita akan besar dan memimpin di negara ini. Saya yakin akan melestarikan budaya ini,” tegasnya.

Wagub Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, dalam arahannya menyampaikan, pencak silat sudah menjadi budaya ciri khas Indonesia.

“Bukti kecintaan kita kepada pencak silat dengan menyadari bahwa pencak silat ini juga diamanahkan bagi agama kita sebagai olahraga, benteng diri, dan pertahanan diri,” kata Andi Sudirman.

Pencak silat, kata dia, bukan hanya hobi, namun bisa menjadi sebuah prestasi, dan memiliki banyak manfaat.

“Yang paling penting karakter bahwa pencak silat asli dari Indonesia, pencak silat juga mampu menjaga persaudaraan dan silaturahmi, itu kenikmatan tersendiri, berkumpul untuk kemaslahatan yang baik,” sambungnya.

Di akhir sambutan, Wagub memberikan kuis dan hadiah kepada peserta. Dilanjutkan dengan duduk bersama peserta lalu berfoto bersama Kasdam XIV Hasanuddin. (*)

Wagub Sulsel Susun Program Strategis APBD Pokok 2021

Bapenda Sulsel

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *