oleh

Mobil Wapres Diisi Bensin Pakai Jeriken, Istana Beri Penjelasan

SULSELONLINE.COM – Mobil dinas Wapres Ma’ruf Amin viral. Sebuah video menunjukkan sejumlah pria berpakain batik mengerumuni mobil yang diisi bensin dari sebuah jeriken.

Sekretariat Wakil Presiden memberi penjelasan terkait beredarnya video mobil VVIP RI-2 yang sedang mengisi bensin dari jeriken di pinggir jalan.

Video tersebut diketahui viral di media sosial dan menjadi sorotan warganet lantaran diduga kehabisan bensin.

Kepala Sekretariat Wakil Presiden Mohamad Oemar membenarkan pengisian bahan bakar minyak (BBM) dilakukan saat Wakil Presiden Ma’ruf Amin tengah kunjungan kerja ke Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (8/7) lalu.

Namun demikian, mobil tersebut bukanlah mobil yang ditumpangi Wakil Presiden Ma’ruf Amin, melainkan kendaraan cadangan.

“Rekaman peristiwa yang beredar itu terjadi saat Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin melakukan kunjungan kerja ke Sukabumi, Jawa Barat, 8 Juli 2020.

Adapun mobil dinas yang terlihat tengah diisi BBM berfungsi sebagai kendaraan VVIP cadangan dalam rangkaian resmi,” ujar Oemar melalui siaran pers yang diterima, Sabtu (11/).

Oemar pun menegaskan, pengisian BBM melalui jerigen bukan karena mobil tersebut kehabisan BBM. Ia menjelaskan, alasan pengisian BBM melalui jeriken dilakukan karena tidak adanya stasiun pengisian bahan bakar (SPBU) yang memiliki jenis BBM sesuai kriteria mobil VVIP.

Ia mengatakan, dalam setiap rangkaian VVIP juga selalu disiapkan BBM cadangan dalam jeriken di mobil teknisi.

“Saat diperlukan pengisian BBM dan tidak tersedia BBM yang sesuai dengan spesifikasi mobil VVIP di SPBU setempat, maka digunakan BBM cadangan yang telah disiapkan,” ujar Oemar.

Pada Rabu lalu, Wakil Presiden Ma’ruf Amin didampingi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim serta Menteri Agama Fahrul Razi dan Gubernur Jawa Barat Ridwan melakukan peninjauan ke SMAN 4 Kota Sukabumi, Balaikota Sukabumi dan Pesantren Assobariyyah, Kota Sukabumi.

Wapres dan rombongan berkendara dari Jakarta sejak pukul 07.30 pagi dan tiba di Sukabumi sekitar pukul 09.30 WIB.

Di Sukabumi Wapres Ma’ruf nampak menumpangi kendaraan VVIP jenis Alphard, bukan mercy seperti viral di media sosial.

Adapun video yang beredar, pengisian bensin dilakukan di pinggir jalan depan Pesantren Assobariyyah, Kota Sukabumi yang saat itu Wapres tengah melakukan peninjauan. Demikian dikutip Republika.(*)

Bapenda Sulsel

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *