oleh

Dicari, 1.620 Relawan Uji Klinis Vaksin Covid-19. Ini Syarat dan Cara Daftar!

SULSELONLINE.COM – Uji klinis vaksin Covid-19 di Indonesia akan memasuki tahap 3 atau uji klinis kepada manusia.

Sebelumnya, pemerintah mendatangkan ribuan vaksin Covid-19 dari sebuah perusahaan di China. Di Indonesia, uji klinis dipercayakan kepada Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung.

Komite Etik Penelitian Unpad Bandung sudah memberikan persetujuan pelaksanaan uji klinis vaksin Covid-19 tahap 3.

Untuk itu, dibuka pendaftaran relawan uji klinis. Pendaftaran dimulai Senin (27/7/2020) dan berakhir 31 Agustus.

Ketua tim riset uji klinis vaksin Covid-19 Unpad, Prof Kusnandi Rusmil, membenarkan tim etik sudah menyetujui uji klinis itu.

Melalui rilis, kemarin, Prof Kusnadi mengemukakan, ada sejumlah kriteria atau syarat yang harus dipenuhi calon peserta uji klinis.

Antara lain, orang dewasa berusia 18–59 tahun yang dinyatakan sehat. Sehat tidaknya kondisi calon peserta, dibuktikan dengan tidak mengalami penyakit ringan, sedang, atau berat.

Calon relawan tidak memiliki riwayat penyakit asma dan alergi terhadap vaksin.

Syarat lain, tidak memiliki kelainan atau penyakit kronis seperti gangguan jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, penyakit ginjal dan hati, tumor, epilepsi atau penyakit gangguan syaraf lainnya.

Kusnandi menjelaskan, calon peserta tidak memiliki kelainan darah atau riwayat pembekuan darah, tidak memiliki penyakit infeksi lain dan demam, serta tidak memiliki riwayat penyakit gangguan sistem imun.

“Suhu tubuh calon pendaftar juga tidak boleh melebihi 37,5 derajat celcius,” tambahnya.

Jika wanita, maka yang bersangkuta tidak hamil atau berencana hamil selama periode penelitian, dan tidak sedang menyusui.

Peserta juga selama masa pandemi Covid-19 taat protokol kesehatan.

Calon peserta akan menjalani swab test dan rapid test secara gratis untuk mengetahui apakah ada kemungkinan sedang atau pernah terinfeksi Covid-19.

Syarat lainnya, peserta berdomisili di Kota Bandung dan tidak berencana pindah dari lokasi penelitian sebelum penelitian selesai dilaksanakan.

Pihaknya membutuhkan 1.620 relawan dalam proses uji klinis vini. Namun, tidak semua peserta akan disuntikkan vaksin.

Sebanyak 540 orang akan disuntikkan vaksin, sedangkan sisanya akan mendapat cairan plasebo. Penentuan pemberian vaksin atau plasebo akan dilakukan secara acak.

Calon pendaftar dapat menghubungi Unit Riset Klinis Departemen Ilmu Kesehatan Anak Lantai 1 RSUP Hasan Sadikin Bandung di telepon

Bapenda Sulsel

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *