oleh

Cara Mengolah Daging Kurban agar Empuk dan Tidak Bau Prengus

SULSELONLINE.COM – Bagaimana cara mengolah daging kurban agar empuk dan tidak bau prengus?

Rupanya ada 10 cara mudah untuk membuat daging kurban agar lebih empuk sehingga tak alot saat dimakan di Idul Adha 2020.

Selain itu, tips ini juga bisa digunakan agar daging kurban tidak bau prengus. Berikut 10 cara mengolah daging kurban agar empuk dan tidak bau prengus.

1. Hindari Mencuci

Tips untuk menghindari bau prengus pada daging kurban adalah tidak mencuci sebelum dimasak. Sebab, bau prengus semakin muncul setelah dicuci. Lebih baik Anda merebus daging kambing sebelum dimasak.

2. Buang Buih Kotoran

Saat daging kambing direbus akan mengeluarkan buih kotoran. Buih-buih tersebut menyebabkan bau prengus yang menyengat. Anda harus membuang buih tersebut ketika daging kambing direbus.

3. Buang Lemak

Sebelum diolah untuk dimasak, buang lemak yang menggumpal tebal. Lemak yang berwarna putih itu salah satu penyebab bau prengus.

4. Rendam dengan Bumbu

Rendam atau marinate daging kambing selama satu jam. Bumbu yang digunakan cukup mudah, gunakan bumbu campuran seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, asam, garam, lada, dan kecap

5. Gunakan Daun Pepaya

Setelah direndam bumbu, daging kambing dibungkus dengan daun pepaya. Bau prengus akan hilang dan daging kambing lebih lembut.

6. Perasan Jeruk dan Nanas

Anda juga bisa gunakan parutan buah nanas atau parutan buah jeruk nipis untuk mencegah bau prengus. Buah nanas juga bermanfaat melunakkan daging kambing.

Balurkan kedua bahan itu ke permukaan daging dan diamkan selama 30 menit hingga satu jam.

7. Manfaatkan Susu

Susu efektif menghilangkan bau prengus pada daging. Tak hanya daging kambing, susu juga bisa digunakan untuk membuang bau tak sedap pada daging yang lain.

Sebelum diolah, daging kambing terlebih dahulu direndam dalam susu selama semalam.

8. Yoghurt

Yoghurt merupakan salah satu bahan yang bisa membantu melunakkan daging kambing. Rendamlah daging kambing dalam yoghurt yang diberi sedikit air. Biarkan daging terendam selama semalam.

9. Gunakan Panci Presto

Jika mau instan, cara mudah untuk melunakkan daging adalah dengan menggunakan panci presto. Dengan alat ini, daging olahanmu bisa dengan mudah menjadi lunak dan anti alot.

10. Pukul-pukul Daging

Memukul-mukul daging juga bisa membuat daging lebih empuk. Kamu bisa menggunakan tangan atau menggunakan alat pemukul.

Itulah 10 cara mengolah daging kurban agar empuk dan ridak bau prengus, yang dilansis dari tribun-timur.com, Jumat (31/7/2020).

Bapenda Sulsel

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *