oleh

Aubameyang Bawa Arsenal Juara Piala FA 2020, Mikel Arteta Catat Sejarah

SULSELONLINE.COM – Arsenal tampil sebagai juara Piala FA 2020 setelah di final mengalahkan Chelsea 2-1 di Stadion Wembley, London, Sabtu (1/8/2020) malam WIB.

Striker asal Gabon, Pierre-Emerick Aubameyang,  menjadi bintang kemenangan Arsenal dengan memborong dua gol The Gunners ke gawang Chelsea.

Padahal, Chelsea unggul duluan 1-0 ketika laga babak pertama baru berjalan lima menit melalui pemain asal Amerika Serikat, Christian Pulisic.

Gol Pulisic bermula dari umpan backheel Oliver Giroud. Pulisic lalu membawa bola masuk ke dengan gawang dan menuntaskannya dengan tembakan jarak dekat.

Arsenal sebenarnya mampu membalas di menit ke-24  melalui tembakan Nicolas Pepe. Namun, dianulir wasit karena berbau offside.

Di menit ke-28, Arsenal akhirnya mampu menyamakan skor melalui titik penalti. Aubameyang dijatuhkan di dalam area terlarang Chelsea sekaligus jadi eksekutor dan sukses mengecoh kiper lawan.  Skor 1-1 bertahan hingga jeda.

Di babak kedua, Arsenal semakin agresif. Hasilnya, The Gunners berbalik unggul 2-1 di menit ke-68 melalui gol Aubameyang.

Aubameyang melakukan penetrasi ke kotak penalti, melewati satu bek lawan, dan menaklukkan kiper dengan bola ke tiang jauh.

Di menit ke-73, Chelsea semakin kesulitan mengejar karena harus bermain dengan 10 pemain. Mateo Kovacic mendapat kartu merah.

Arsenal kini menjadi raja Piala FA dengan torehan 14 kali juara. Manchester United di bawahnya dengan 12 kali juara.

Kemenangan ini sekaligus mengantar Arsenal lolos ke Liga Europa tahun depan.

Bagi pelatih Arsenal, Mikel Arteta, sukses ini merupakan trofi pertamanya sebagai arsitek tim The Gunners.

Arteta yang sebelumnya asisten pelatih Pep Guardiola di Manchester City, dipercaya menjadi pelatih Arsenal pada pertengahan musim Liga Inggris 2019-2020.

Namun, pelatih asal Spanyol ini mencatat sejarah sebagai pelatih dan pemain pertama yang sukses merengkuh juara Piala FA.

Arteta sebagai pemain, membawa Arsenal juara Piala FA tahun 2014 lalu. (*)

Hasil pertandingan: Arsenal 2-1 Chelsea (Pierre-Emerick Aubameyang 28′-pen, 68′; Christian Pulisic 5′)

Susunan Pemain

Arsenal: 26-Emiliano Martinez, 26-Rob Holding, 23-David Luiz, 3-Kieran Tierney, 2-Hector Bellerin, 34-Granit Xhaka, 8-Dani Ceballos, 15-Ainsley Maitland-Niles, 19-Nicolas Pepe, 9-Alexandre Lacazette (30-Edward Nketiah 82′), 14-Pierre-Emerick Aubameyang

Pelatih: Mikel Arteta

Chelsea: 13-Willy Caballero, 24-Reece James, 28-Cesar Azpilicueta (4-Andreas Christensen 35′), 15-Kurt Zouma, 2-Antonio Ruediger (20-Callum Hudson-Odoi 78′), 3-Marcos Alonso, 5-Jorginho, 17-Mateo Kovacic, 19-Mason Mount (8-Ross Barkley 78′), 18-Olivier Giroud (9-Tammy Abraham 78′), 22-Christian Pulisic (11-Pedro 49′)

Pelatih: Frank Lampard

Bapenda Sulsel

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *