oleh

Empat Cara Mudah Atasi Kadar Kolesterol Tinggi, Patut Dicoba

SULSELONLINE.COM – Hati-hati jika kadar kolesterol Anda terlalu tinggi, sebab bisa memicu banyak masalah kesehatan.

Kadar kolesterol tinggi antara lain dapat meningkatkan risiko penyumbatan arteri, stroke, serangan jantung, dan gagal ginjal.

Karena itu, sangat penting menjaga keseimbangan kolesterol dalam tubuh kita.

Namun jangan khawatir, ada beberapa cara mudah mengatasi tingginya kadar kolesterol dalam tubuh. Empat tips berikut ini layak dicoba:

Lakukan Olahraga

Olahraga bukan hanya meningkatkan kebugaan fisik, tapi juga membant mengurangi kadar kolestrol jahat dan meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh.

Riset membuktikan jika rutin melakukan aerobik maka mampu mengurangi oksidasi kadar kolesterol jahat yang membahayakan tubuh.

Bahkan, olahraga dalam intensitas rendah pun membantu meningkatkan kadar kolesterol baik yang memiliki berbagai manfaat kesehatan.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kita cukup rutin berolahraga selama 30 menit sebanyak lima kali dalam seminggu.

Konsumsi serat larut air

Serat larut merupakan senyawa dalam tanaman yang larut dalam air. Namun, senyawa ini bisa dicerna oleh bakteri baik dalam pencernaan kita.

Bakteri baik dalam pencernaan juga memerlukan serat agar bisa menjalankan fungsinya secara maksimal.

Salah satu fungsi bakteri baik dalam pencernaan adalah mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh kita. Riset membuktikan, mengonsumsi tiga gram suplemen serat larut selama 12 minggu bisa menurunkan kadar kolesterol jahat sebesar 18 persen.

Serat larut bisa kita temukan dalam berbagai makanan berbasis nabati seperti kacang, buah, dan biji-bijian utuh.

Hindari Merokok

Merokok meningkatkan risiko penyakit jantung dalam beberapa cara, salah satunya dengan mengubah cara tubuh menangani kolesterol.

Kandungan tar pada tembakau rokok membuat sel-sel kekebalan tubuh yang tidak mampu mengembalikan kolesterol dari dinding pembuluh ke darah untuk diangkut kembali ke hati.

Keadaan ini bisa memicu penyumbatan arteri. Riset juga membuktikan, rokok dapat menurunkan kadar kolestrol baik dan meningkatkn kolesterol jahat dalam tubuh.

Hindari Lemak Trans

Lemak trans adalah lemak tak jenuh yang telah mengalami hidrogenasi. Sebagian besar lemak trans yang digunakan untuk produk-produk masakan telah mengalami proses hidrogenasi sebagian.

Lemak trans yang terhidrognasi sebagian ini bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan, termasuk meningkatkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Riset yang meneliti pola kesehatan global yang memperkirakan lemak trans sebagai penyebab delapan persen kematian akibat penyakit jantung di seluruh dunia.

Karena itu, kita harus meperhatikan komposisi makanan yang akan kita konsumsi sehari-hari. (*)

Bapenda Sulsel

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *