oleh

Geopark Nasional Maros Pangkep Diajukan Sebagai Kandidat UNESCO Global Geopark

SULSELONLINE.COM — Komisi Nasional Indonesia untuk United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (KNIU Kemendikbud) secara resmi, dan atas nama Pemerintah Republik Indonesia mengirimkan surat permohonan Geopark Maros Pangkep untuk bergabung dengan Global Geopark UNESCO.

Pengiriman surat dan berkas yang ditandatangin langsung oleh Ketua Harian KNIU Kemendikbud RI, Prof. Arief Rachman itu ditujukan langsung kepada Sekretaris International Geoscience and Geoparks Programme (IGGP) UNESCO di Paris, Prancis.

General Manager Geopark Maros Pangkep, Dedy Irfan, mengatakan dimana pihaknya sangat bersyukur atas respon dari pemerintah pusat yang telah mengirimkan pengajuan untuk keanggotaan Geopark Maros Pangkep dalam Global Geopark UNESCO.

“Kami baru menerima info dari Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO tadi malam, jika beberapa berkas yang jauh hari kami telah persiapkan sudah memenuhi syarat dan dapat dikirmkan ke Sekeretariat UNESCO,” ujarnya dalam rilis, Senin (3/8/2020).

Dedy Irfan melanjutkan, jika dalam proses perampungan berkas yang telah lama dikumpulkan itu tidak lepas dari peran semua pihak yang telah mendukung penuh kerja-kerja manajement Geopark Maros Pangkep.

Sebelumnya Geopark Maros Pangkep telah diinisiasi sejak tahun 2015 oleh para stakeholder yang didalam nya terdiri dari para pemangku kepentingan kawasan,diantara nya Alumni Geologi Dept. Geologi Unhas, Dept. Arkeologi, Dept. kehutanan, Penggiat Lingkungan dan Karst, Unhas, Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung, Balai KonservasiSsumber Daya Alam, Balai Pelestarian Cagar Budaya, Komunitas Pecinta Alam & Gua.

“Pastinya ini kabar yang baik bagi seluruh pihak yang memiliki peran penting dalam terciptanya Geopark Nasional Maros Pangkep, dan menambah semangat untuk terus bersinergi dengan pihak pemerintah, baik dari tingat pusat maupun daerah yang terlibat,” katanya.

Bapenda Sulsel

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *