oleh

Pemprov Sulsel, Garuda dan Lion Air Hadirkan Rapid Test Gratis untuk Penumpang. Ini Syaratnya!

SULSELONLINE.COM – Calon penumpang Garuda Indonesia kini tak perlu mengeluarkan uang untuk melakukan rapid test. Pemprov Sulsel memfasilitasi secara gratis di Bandara Sultan Hasanuddin.

Sebelumnya, pekan lalu dukungan juga diberikan Pemprov Sulsel pada maskapai lainnya, yakni Lion Air.

“Ini bagian dari memberikan kemudahan pada masyarakat. Karena tidak semua mampu, jadi kami hadir bukan hanya di Garuda tetapi di beberapa gerai, kita buka untuk memberikan layanan rapid test,” kata Nurdin Abdullah, di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Selasa, 4 Oktober 2020.

Kepada Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, Prof Nurdin mengatakan, bantuan ini sebagai bentuk sinergi, memudahkan masyarakat yang akan bepergian.

Sementara, Irfan Setiaputra menyampaikan, pertemuan dengan mantan Bupati Bantaeng tersebut dalam rangka meningkatkan kepercayaan publik untuk terbang bersama maskapai plat merah ini.

“Penting kita bersama-sama untuk meningkatkan kepercayaan publik untuk terbang lagi,” imbuhnya.

Jika Resesi, Ini yang Harus Anda Lakukan

Menurutnya, masyarakat harus diberikan kepastian bahwa bepergian dengan menggunakan transportasi pesawat udara aman. Setiap penerbangan Garuda menerapkan physical distancing (jarak fisik) pada masa pandemi Covid-19 ini, dan tidak semua kursi penumpang dipenuhi.

“Kita komitmen untuk itu, karena kita percaya, bahwa berdekatan itu memunculkan yang sangat tinggi untuk penyebaran. Kedua, kita minta semua untuk menggunakan masker dalam pesawat dan memastikan mereka semua mengikuti protokol kesehatan, rapid test dan lain-lainnya,” jelasnya.

Untuk sirkulasi udara di kabin pesawat, Garuda juga menerapkan teknologi penyaringan udara HEPA. Ia memastikan sirkulasi udara aman, sebab di pesawat aliran sirkulasi secara vertikal.

“Tolong dipahami kabin pesawat itu sebenarnya adalah tempat yang paling aman, karena sirkulasi udaranya itu vertikal, sirkulasinya tidak horisontal, di situ ada HEPA. Dimana HEPA filter itu memfilter udara dan mensirkulasi lagi dengan bersih,” jelasnya.

Ia menegaskan, berdasarkan pengalaman beberapa bulan selama pandemi ini, belum pernah mengalami kejadian ada kasus penyebaran Covid-19 di Garuda.

“Kita terus memastikan bahwa itu tidak kejadian, kita mengajak masyarakat yang sudah mau terbang dan pengen terbang, monggo (silahkan) dengan Garuda, kita akan pastikan perjalanan anda ketujuan itu aman dan nyaman,” pungkasnya. (*)

Bulan Ini Pesawat Berpenumpang 70-an Orang Mendarat di Bandara Buntu Kunik Toraja

Bapenda Sulsel

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *