oleh

Barang yang Wajib Dibawa saat Traveling di Tengah Pandemi Covid-19

SULSELONLINE.COM —  Perjalanan sudah dibuka kembali di berbagai negara, termasuk di Indonesia. Beberapa tempat wisata sudah dibuka dan menerapkan protokol kesehatan.

Anjuran untuk memakai masker juga sudah ditetapkan oleh pemerintah. Liburan saat pandemi Covid-19 memang tidak seperti liburan sebelum pandemi Covid-19.

Para traveler tidak bisa seenaknya saja mengabaikan protokol kesehatan dan tidak bakal leluasa seperti sebelumnya.

Saat berkemas untuk melakukan perjalanan, traveler perlu membawa barang-barang yang dibutuhkan termasuk untuk pencegahan Covid-19.

Berikut barang-barang yang bisa dibawa saat melakukan perjalanan, dikutip Tribun Timur, Sabtu 8 Agustus 2020:

1. Boarding Pass

Saat melakukan perjalanan cobalah meminimalkan kontak di mana pun kamu berada. Jika maskapai mengizinkan, cetak boarding pass dahulu sebelum ke bandara.

Beberapa maskapai sudah memiliki aplikasi khusus untuk boarding pass secara online.

Banyak bandara telah beralih ke sistem teknologi tanpa sentuhan, kamu dapat menitipkan bagasi di konter bagasi sebelum melanjutkan ke bagian keamanan, selama kamu memiliki boarding pass dan ID di tangan.

2. Botol Minum

Traveler dapat membawa botol minum atau tumbler sendiri dari rumah. Botol minum bisa diisi setelah pemeriksaan keamanan. Dengan membawa botol minum sendiri kamu bisa terhindar dari dehidrasi seharian.

3. Makanan ringan

Untuk membatasi permintaan makanan, beberapa maskapai mengurangi layanan makanan di penerbangan mereka.

Banyak pula kafe atau restoran di bandara ditutup karena pandemi Covid-19.  Untuk terhindar dari kelaparan usahakan bawa makanan ringan untuk camilan dalam perjalanan.

4. Masker

Masker sudah menjadi barang yang wajib dibawa saat pandemi Covid-19. Beberapa bandara internasional menyediakan masker untuk penumpang namun banyak juga bandara yang mewajibkan masker sebelum ke bandara.

5. Face shield

Face shield kini banyak digunakan oleh orang-orang. Selain masker, face shield juga sangat berguna saat pandemi Covid-19 seperti sekarang.

Beberapa maskapai seperti Qatar Airways mewajibkan penumpangnya memakai face shield.

6. Sarung tangan

Sarung tangan untuk menghindari sentuhan sangat penting saat perjalanan. Sarung tangan bisa digunakan di area yang ramai seperti di ruang tunggu bandara.

7. Sabun

Untuk berjaga-jaga, bawalah sabun saat perjalanan. Sabun sangat berguna untuk membersihkan tangan dan bagian tubuh lainnya agar terhindar dari virus.

8. Hand sanitizer

Hand sanitizer sangat penting untuk menjaga tanganmu tetap bersih selama traveling. Pastikan kamu hanya mengemas hand sanitizer dalam botol 100 milimeter atau kurang.

WHO menyarankan menggunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol 60 persen.

9. Tisu pembersih

Kemas tisu pembersih untuk mensterilkan permukaan yang biasa digunakan selama penerbangan.

Sebelum duduk dan duduk di kursi, gunakan tisu untuk mendisinfeksi sandaran lengan, meja baki, sistem hiburan, dan area jendela.

Kamu juga dapat menggunakan tisu untuk membersihkan titik kontak tinggi lainnya, seperti gagang pintu kamar mandi dan area tempat duduk bandara.

10. Obat-obatan dan perlengkapan mandi

Kemas semua obat yang mungkin kamu perlukan dalam barang-barang plastik, dengan catatan dari dokter Anda untuk obat apa pun yang memerlukan resep di tempat tujuan.

Dengan begitu banyaknya toko dan apotek bandara yang tutup, kamu mungkin tidak dapat membeli obat saat dalam perjalanan.

Jangan lupa juga perlengkapan mandi agar selalu bersih dan terhindar dari penyakit. (*)

Bapenda Sulsel

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *