oleh

Lebih Murah dari Motor Matic, Mobil Xpander Mini Ini Punya Fitur Keren!

SULSELONLINE.COM – Mobil ini harganya jauh lebih murah dari motor matic, Mitsubishi Xpander versi mini ini muat 4 orang dengan fitur terbaru.

Harganya dibanderol dengan nominal jauh lebih murah dari motor Yamaha TMAX DX.

Melansir website Mitsubishi Jepang, mobil yang dimaksud adalah Mitsubishi eK X, hasil kolaborasi dengan Nissan.

Dari desain bagian depan eK X ini benar-benar mirip Mitsubishi Xpander. Desain headlamp LED di bagian bumper, lampu sein sipitnya serta grille model Dynamic Shield.

Mengikuti regulasi mobil mungil alias kei car di Jepang, Mitsubishi menanamkan mesin bensin tiga silinder 660 cc turbocharger.

Mesin tiga silinder 660 cc turbocharger itu sanggup semburkan daya 51 hp dan torsi 60 Nm. Tenaganya disalurkan lewat transmisi Continuously Variable Transmission atau CVT.

Continuously Variable Transmission adalah Transmisi Variabel Berkelanjutan.

Transmisi variabel kontinu, yang juga dikenal sebagai transmisi tanpa-pindah, transmisi tanpa-step, transmisi katrol, atau dalam hal sepeda motor “putaran-dan-pergi”.

Transmisi otomatis yang dapat berubah secara mulus melalui berbagai rasio gigi efektif yang berkesinambungan. Ada dua pilihan penggerak rodanya, FWD dan AWD.

Mitsubishi eK X (EK Cross) ini dilengkapi fitur komplet seperti Mi-Pilot single lane driver assistance untuk pengendaraan semi autonomous di jalan tol.

Fitur keren lainnya adalah active cruise control, lane keep assist, grip control, multi around monitor serta digital rearview mirror.

Mobil ini menawarkan desain unik yang seakan-akan merupakan kombinasi dari Mitsubishi Xpander dan Delica.

Desainnya memang memanjakan mata, namun mobil ini memiliki dimensi yang sangat kecil. Dengan ukuran panjang 3.395 mm, lebar 1.475 mm, tinggi 1.660 mm, dan wheelbase 2.495 mm.

Cita rasa Xpander sangat kental pada Kei Car yang satu ini. Terutama pada bagian depan yang sama-sama mengadopsi konsep Dynamic Shield.

Selain itu, Mitsubishi juga melengkapinya dengan lampu LED dibagian bumper serta lampu sein berbentuk sipit di atasnya.

Kemudian pada bagian bawah terpasang Fog Lamp untuk menambah visibilitas berkendara saat kondisi jalanan berkabut ataupun hujan.

Dimana untuk tipe non turbo ditenagai mesin 659cc DOHC 3 Silinder yang diklaim bisa mengeluarkan tenaga sebesar 50 horsepower.

Tenaga itu dikeluarkan pada putaran mesin 6.400 rpm dan torsi puncak 60 Nm yang dicapai pada putaran mesin 3.600 rpm.

Kapasitas mesinnya memang sangat kecil, namun hal tersebut membuat konsumsi bahan bakar Mitsubishi eK X semakin irit.

Selain untuk varian turbo ditenagai mesin 659cc DOHC 3-Silinder yang dioptimalkan oleh Turbocharger. Mesin tersebut akan mendistrubiskan tenaga sebesar 62 horsepower pada 5.600 rpm.

Sedangkan torsi puncaknya sebesar 100 Nam yang bisa dicapai pada putaran 2.400 rpm sampai 4.000 rpm.

Menariknya lagi, mobil terbaru ini tidak hanya mengandalkan mesin konvesional sebagai jantung pacunya, karena masih ada motor listrik berenaga 2 horsepower dan torsi 40 Nm yang menjadikan kemampuan akselerasi mobil ini semakin memukau.

Fitur keselamatan standar yang dimiliki Mitsubisi eK X di antaranya adalah sistem pengereman ABS + EBD dan Brake Assist (BA).

Lalu ada pula 6 titik Airbags dan Active Stability Control (ASC). Tak cukup sampai disitu saja, mobil ini juga dilengkapi fitur Electric Parking Brake (EPB), Hill Start Assist (HSA), dan Emergency Stop Signal (ESS).

Fitur yang dibawanya memang sangat lengkap, sehingga harga Mitsubishi eK X layak dibanderol cukup mahal.

Harganya, di Jepang eK X dijual seharga 1.414.800 Yen atau sekitar Rp 176,8 jutaan.

Harga Mitsubishi eK X jauh lebih murah jika dibandingkan dengan motor Yamaha TMAX DX. Harga motor Yamaha TMAX DX sebesar Rp 319 juta OTR Jakarta.

Dengan harga tersebut, Mistubishi eK X jauh lebih murah Rp 142.200.000 dari harga Yamaha TMAX DX.

Tapi sayangnya mobil ini belum dipasarkan di Indonesia, tapi untuk yang berminat bisa memesannya via importir umum untuk proses pembelian.

Selama ini mobil imut yang banyak dijual di Indonesia dengan harga terjangkau, ada Chery QQ, Kia Visto, Hyundai Atoz, Suzuki Karimun dan banyak pilihan mobil keluarga, seperti dikutip dari Tribun Timur, Rabu (12/8/2020). (*)

Bapenda Sulsel

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *