oleh

Pemkab Luwu Gelar Pekan UMKM 2020, Bantu Gerakkan Ekonomi Masyarakat

SULSELONLINE.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu menggelar Pekan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) 2020. Tujuannya, untuk membantu menggerakkan ekonomi masyarakat.

Kegiatan ini merupakan implementasi strategi kebijakan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang dilaksanakan pemerintah pusat.

Bupati Luwu, H Basmin Mattayang menyampaikan hal itu ketika membuka secara resmi Pekan UMKM tahun 2020 dan launching penetapan Kecamatan Suli sebagai Kecamatan Binaan Kejaksaan Negeri (Kejari) Luwu di Sentra Industri Kecil Menengah (IKM) Barambing, Desa Buntu Kunyi, Kecamatan Suli, Rabu (16/9/2020).

Pekan UMKM 2020 ini akan berlangsung hingga 22 September 2020. Diikuti oleh 22 kecamatan se-Kabupaten Luwu dan 40 pelaku UMKM.

Bupati Luwu mengatakan, Pekan UMKM 2020 ini didasari terbitnya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 23 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

“Kegiatan ini sebagai upaya pemerintah dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional, sekaligus bagian dari program simultan penanganan pandemi Covid-19. Tentu pelaksanaannya tetap memperhatikan penerapan protokol kesehatan,” kata bupati.

Dijelaskan, pandemi Covid-19 bukan hanya berdampak pada kesehatan manusia, tetapi berdampak pula terhadap sistem keuangan yang ditandai dengan penurunan berbagai aktifitas perekonomian

“Menghadapi permasalahan itu, pemerintah pusat mengambil strategi kebijakan Pemulihan Ekonomi Nasional atau disingkat PEN,” katanya.

Sebagai implementasi di daerah, Pemkab Luwu atas inisiatif Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Luwu menggagas Pekan UMKM 2020.

Sekaligus menetapkan Kecamatan Suli sebagai Kecamatan Binaan dari program Kejaksaan Negeri Luwu yang juga terus bergerak dalam peningkatan dan pengembangan sumber daya UMKM di Kabupaten Luwu.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Luwu, Erny Veronika Maramba dalam sambutannya, menjelaskan latar belakang lahirnya inisiatif pelaksanaan Pekan UMKM tahun 2020.

Menurut Kajari Luwu, ide pelaksanaan Pekan UMKM ini dilatar belakangi arahan dari Kejaksaan Agung yang kemudian ditindak lanjuti oleh Kejaksaan Tinggi Provinsi Sulawesi Selatan hingga Kejaksaan Negeri se-Sulsel untuk aktif dalam Pemulihan Ekonomi Nasional.

“Atas tujuan inilah maka Kejaksaan Negeri Luwu menetapkan Kecamatan Suli sebagai kecamatan binaan dan melakukan kesepakatan bersama dua koperasi sebagai koperasi binaan,” katanya.

Dijelaskan, penetapan Kecamatan Suli sebagai kecamatan binaan oleh Kejaksaan Negeri Luwu juga bertujuan untuk mengaktifkan kembali pengoperasian Sentra IKM Barambing yang berada di Kecamatan Suli

Sebelumnya, Asisten II Bidang Pembangunan dan Perekonomian Pemkab Luwu sekaligus Ketua Panitia Pelaksana, Andi Palanggi, mengemukakan, Pekan UMKM 2020 diisi berbagai kegiatan.

Antara lain pameran produk UMKM, Gapoktan, Bumdes dan koperasi, lomba-lomba UMKM, lomba E-Sport, edukasi bagi pelaku UMKM, dan berbagai hiburan yang telah disiapkan panitia.

Menurut Andi Palanggi, panitia menggratiskan UMKM yang ikut dalam kegiatan ini. (*)

Bapenda Sulsel

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *