oleh

Polwan Tewas Ditabrak Bakal Calon Bupati

SULSELONLINE.COM — Seorang Polwan tewas ditabrak bakal calon bupati. Tragis korban saat kejadian masih mengenakan pakaian dinas dan tewas di tempat.

Pelaku Wakil Bupati Yalimo, yang juga bakal calon Bupati Yalimo pada Pilkada di Papua.

Wakil Bupati Yalimo, ED (31) menabrak Polwan Sat Bid Propam Polda Papua, Bripka Christin Meisye Batfeny (36) hingga meninggal dunia, Rabu (16/9/2020) pagi.

Diduga Wabup dalam dipengaruhi minuman keras saat mengemudikan mobil Toyota Hilux saat menabrak korban di Jalan Ardipura, tepatnya di tikungan dekat bengkel Alfian Polimak I Distrik Jayapura Selatan, sekitar pukul 07.30 WIT.

Kapolresta Jayapura Kota, AKBP Gustav R Urbinas membenarkan kecelakaan tersebut yang mengakibatkan anggota Polri meninggal dunia.

“Kasus kecelakaan ini dalam penanganan unit lalulintas Polresta Jayapura Kota dan pelaku ED dalam tahap pemeriksaan lebih lanjut oleh penyidik satuan lalulintas,” ujarnya, seperti dilansir tribratanews Papua.

Ia mengatakan sejauh ini dua orang saksi telah dimintai keterangan sedangkan penumpang mobil yang bersama ED nantinya juga akan dimintai keterangan.

Kejadian itu bermula ketika ED mengendarai Toyota Hilux dengan kecepatan tinggi dari arah Jayapura tujuan Entrop, setibanya di TKP, hilang kendali dan keluar jalur kanan sehingga menabrak Bripka Christin yang datang dari arah berlawan datang menggunakan sepeda motor Yamaha N-Max.

Akibat kecelakaan itu Bripka Christin Meisye Batfeny mengalami benturan keras pada bagian leher belakang, lutut kaki kanan robek dan patah yang mengakibatkan korban meninggal dunia.

Mantan Kapolres Jayapura Kota ini menambahkan, hasil olah TKP, kecelakaan itu terjadi akibat kurang hati-hatinya pengendara mobil Hilux saat mengendarai kendaraannya diduga dalam pengaruh minuman keras.

Disinggung apakah ED adalah Wakil Bupati Yalimo Erdi Dabi, Kapolresta mengatakan, sesuai identitas di KTP status pekerjaan adalah Wakil Bupati Yalimo.

“Untuk kondisi jabatan politik lain atau terkait pencalonan, saya tidak bisa berkomentar dan itu lebih tahu dari penyelenggara pemilu yang berada di kabupaten tersebut maupun Provinsi Papua yang selaku perserta atau tidak. Polresta Jayapura Kota hanya menangani kasus kecelakaan tersebut,” pungkasnya.

Kapolda Papua, Irjen Paulus Waterpauw ikut berduka atas meninggalnya Bripka Christin Meisye Batfeny.

Ia memerintahkan Dirlantas Polda Papua untuk menyita barang bukti dan memproses hukum pelakunya.

“Saya sudah perintahkan Dirlantas untuk memproses pelaku penabrak, menyita barang bukti karena akibat yang ditimbulkan sangat fatal. Saya sangat kehilangan anggota yang sangat baik, disiplin dan rajin. Kejadian ini sangat tak terduga. Polda Papua sangat kehilangan,’” ujarnya, seperti dilansir media lokal Papua.

Ia menyesalkan dan prihatian ED seorang pejabat mengendarai mobil juga dalam kondisi mabuk.

“Seorang perjabat memiliki kemampuan intelektual yang cukup tetapi masih mabuk-mabukan dengan minuman keras, perilaku ini sangat memprihatinkan dan mengecewakan, dampak dari mabuk-mabuknya itu sangat fatal membuat orang lain kehilangan nyawa,” paparnya.

Kepada keluarga besar almarhumah Bripka Christin Meisye Batfeny, Irjen Paulus Waterpauw menyampaikan turut berduka cita dan semoga keluarga diberi kekuatan.

“Kepada keluarga besar almarhumah saya menyampaikan duka cita yang mendalam, kita semua kehilangan orang yang baik, dan kepada semua pihak yang turut merasakan duka cita dan bersimpati, saya juga mengucapkan terima kasih,” jelasnya.

Untuk diketahui, Pilkada Yalimo 2020 diikuti dua bapaslon, yakni petahana Bupati Lakius Peyon-Nahum Mabel dan Erdi Dabi-Jhon W Wilil.

Erdi Dabi adalah anak Bupati Yalimo pertama Er Dabi yang meninggal 2016. Setelah Er Dabi meninggal, Wakil Bupati saat itu, Lakius Peyon diangkat menjadi Bupati Yalimo.

Sedangkan anak Er Dabi, yakni Erdi Dabi dipilih DPRD Yalimo menjadi Wakil Bupati Yalimo. Kini Lakius Peyon dan Erdi Dabi akan bersaing di Pilkada Yalimo 2020. (*)

Bapenda Sulsel

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *