oleh

Jenazah TNI Korban KKB di Papua Diantar ke Pinrang untuk Dikebumikan

SULSELONLINE.COM, MAROS — Jenazah personel TNI Angkatan Darat (AD), Serka Sahlan, yang menjadi korban dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua tiba di kargo Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Jumat (18/9/2020).

Jenazah tiba sekitar pukul 16.30 Wita. Serka Sahlan tewas dalam serangan KKB di Kampung Sugapa Lama Papua pada Kamis 17 September 2020 kemarin,

Kedatangan jenazah Serka Sahlan disambut upacara penerimaan oleh anggota TNI AD dengan Irup, Komandan Kodim 1422 Maros, Letkol Inf Budi Rahman.

Setelah upacara penerimaan, rombongan pengantar jenazah bertolak ke kampung halaman Serka Sahlan pada pukul 17.00 Wita menggunakan ambulans.

“Untuk kronologis kami dari Kodim Maros tidak terlalu mengetahui detailnya, karena kami hanya bertugas untuk menerima Almarhum saudara kami, setelah itu kami antarkan ke Kabupaten Pinrang untuk dikebumikan,” ujar Letkol Inf Budi Rahman.

Dia menerangkan, Serka Sahlan sebenarnya sudah selesai menjalani tugasnya. Bahkan dia berencana pulang dari Papua untuk kembali bertugas di Kodim 1404 Pinrang.

“Setahu saya Almarhum sudah hampir bertugas selama setahun, dan akan kembali bertugas di Kodim Pinrang, namun sangat disayangkan karena ada kejadian yang seperti ini,” ungkapnya.

Dia berharap agar kejadian ini menjadi pembelajaran bagi prajurit lain, agar di manapun mereka bertugas untuk terus waspada.

“Kami berharap agar keluarga diberi ketabahan dan kesabaran atas apa yang menimpa Almarhum Serka Sahlan,” ucapnya.

Untuk diketahui, aksi teror KKB Papua di wilayah Intan Jaya semakin beringas. Pada Kamis kemarin, dua orang yang terdiri dari seorang warga sipil dan anggota TNI tewas dalam aksi KKB.

Serangan dari KKB ini pertama menyasar seorang warga sipil.

Awalnya, pada Kamis pagi, anggota KKB membacok seorang pengemudi ojek hingga tewas. Kemudian siang harinya sekitar pukul 14.20 WIT, KKB kembali berulah dengan mengadang Babinsa yang sedang dalam perjalanan membawa logistik.

Pengadangan itu mengakibatkan anggota TNI bernama Serka Sahlan meninggal dunia akibat luka tembak.

Jenazah korban kemudian dibawa ke Puskesmas Bilogai oleh rekan-rekan Babinsa Koramil Persiapan Hitadipa. (*)

Bapenda Sulsel

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *