oleh

Gubernur Optimistis Triwulan III Sulsel Tumbuh Positif

SULSELONLINE.COM — Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sudah memasuki bulan keempat. Pemerintah pusat telah menganggarkan Rp 695,2 triliun, untuk membangkitkan perekonomian nasional yang terpuruk pada Kuartal I dan II akibat pandemi virus corona atau Covid-19.

Satuan Tugas (Satgas) Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional berfokus pada program prioritas Indonesia Bekerja dan Indonesia Tumbuh, dengan mengerjakan empat hal. Yaitu perlindungan sosial, Usaha Kecil, Mikro dan Menengah (UMKM), program terkait kementerian, lembaga dan pemerintah daerah, serta program yang berkaitan dengan menolong pembiayaan korporasi di masa pandemi ini.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dalam hal ini telah melakukan berbagai program dan Gubernur Sulawesi Selatan optimistis Triwulan III Sulsel dapat tumbuh positif. Dimana semua sektor tetap bergerak, walaupun tidak maksimal.

“Saya optimistis kuartal ketiga terjadi sebuah perubahan ke arah yang lebih baik, terutama pertumbuhan ekonomi,” kata Nurdin Abdullah, Minggu, 21 September 2020.

Sulsel tetap tumbuh di masa pandemi didorong oleh berbagai sektor. Diantaranya pertanian, informasi dan komunikasi, dan jasa pendidikan.

Pada Triwulan II, pertumbuhan ekonomi secara nasional, hanya dua dari 34 provinsi yang mengalami pertumbuhan positif, yaitu Provinsi Papua dan Papua Barat. Untuk Sulawesi Selatan, pertumbuhan ekonomi pada Triwulan II 2020 mengalami kontraksi sebesar -3,87 persen.

Berdasarkan sumber pertumbuhan ekonomi Sulawesi Selatan triwulan II 2020 (y-on-y), sumber pertumbuhan tertinggi berasal dari Lapangan Usaha Informasi dan Komunikasi sebesar 0,73 persen, diikuti Pertanian, Kehutanan dan Perikanan sebesar 0,55 persen.

Bupati Tana Toraja Pantau Pelaksanaan Padat Karya untuk Mempercepat Pemulihan Ekonomi

Bapenda Sulsel

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *