oleh

Hasil Swab Terbaru, Bakal Calon Bupati Lutim Sudah Negatif Covid-19

SULSELONLINE.COM – Bakal calon (balon) Bupati Luwu Timur (Lutim), Irwan Bachri Syam dinyatakan sudah negatif Covid-19, setelah menerima hasil swab test terbaru dari Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Makassar, Minggu (20/09/2020).

Sebelumnya, berdasarkan hasil swab test di BBLK Makassar, Kamis (3/9/2020) lalu, Irwan Bachri Syam dinyatakan positif Covid-19.

Swab test atau tes PCR merupakan persyaratan bagi bakal calon bupati dan wakil bupati dalam pemeriksaan kesehatan jasmani dan rohani.

Hasil swab test merupakan salah satu persyaratan untuk mengikuti tahapan Pilkada 2020, yakni pendaftaran di Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Irwan Bachri Syam yang akrab disapa Ibas menjelaskan, setelah dinyatakan positif Covid-19 awal September lalu, dia angsung melakukan isolasi mandiri 14 hari sesuai SOP protokol kesehatan Covid-19.

Ibas yang saat ini menjabat Wakil Bupati (Wabup) Lutim  menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Kabupaten Luwu Timur yang telah memberikan dukungan semangat dan doa kepadanya.

Ia yakin, hasil swab test terbaru yang hasilnya negatif tersebut tidak lepas dari dukungan moril dan doa masyarakat Lutim.

Data KPU RI menyebutkan, sebanyak 60 orang bakal calon kepala daerah yang akan maju Pilkada 2020 dinyatakan positif Covid-19, berdasarkan hasil swab test sebagai persyaratan mengikuti tahapan pilkada.

Informasi itu disampaikan Ketua KPU RI, Arief Budiman dalam Rapat Kerja dengan Komisi II DPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (10/9/2020) lalu.

Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 10 Tahun 2020 mewajibkan para bakal calon kepala daerah menyerahkan hasil tes itu saat pendaftaran di KPU.

Kandidat yang hasil tesnya positif Covid-19 tetap bisa ikut bertarung di Pilkada 2020, namun tahapan pendaftarannya ditunda.

Setelah menerima hasil swab test yang hasilnya negatif, maka Ibas yang berpasangan Andi Muh Rio Patiwiri Hatta di Pilkada Lutim 2020 akan mengikuti tahapan pilkada selanjutnya.

Pasangan Ibas-Andi Muh Rio akan bersaing dengan Bupati Lutim petahana Muh Thorig Husler-Budiman di Pilkada Lutim 2020, yang dijadwalkan 9 Desember. (*)

Bapenda Sulsel

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *