oleh

AS Roma Dihukum Kalah 0-3 karena Salah Administrasi Pemain

SULSELONLINE.COM – Otoritas Liga Serie A menghukum AS Roma dengan kekalahan 0-3 melawan Hellas Verona, karena kesalahan administrasi pemain.

Laga Verona vs AS Roma merupakan bagian dari laga pekan pertama Liga Italia 2020-2021. Laga berlangsung di Stadion Morcantonio Bentegodi, Minggu (20/9/2020), dengan hasil imbang.

Pada laga itu, AS Roma menurunkan pemain muda asal Guinea, Amadou Diawara. Turunnya Diawara ini yang menjadi penyebab AS Roma dihukum.

Diawara ketika didaftarkan oleh AS Roma ke Liga Italia 2020-2021 dimasukkan ke dalam kategori pemain U22. Padahal, sang pemain sudah berusia 23 tahun pada 17 Juli 2020.

Artinya, Diawara sebenarnya tidak memenuhi syarat untuk dimainkan sebagai pemain kategori U22 pada laga Verona vs AS Roma.

Sesuai aturan di Liga Serie A, setiap tim Liga Italia hanya boleh mendaftarkan maksimal 25 pemain senior berusia di atas 22 tahun.

Pemain kategori U22 tetap bisa dimainkan setiap laga tanpa perlu didaftarkan ke otoritas penyelenggara liga, dengan catatan sudah terikat kontrak dengan tim.

Dalam kasus AS Roma, Diawara yang sudah berusia 23 tahun belum didaftarkan sebagai pemain senior, namun sudah dimainkan selama 89 menit.

Gegara kesalahan administrasi itu, AS Roma gagal mendapat satu poin dari laga yang berakhir seri itu. AS Roma bahkan dinyatakan kalah telak 0-3.

Pernyataan resmi Liga Serie A menyebutkan, AS Roma telah memainkan pemain yang belum terdaftar pada otoritas penyelenggara kompetisi.

Sky Sports Italia memberitakan, AS Roma berencana mengajukan banding. Alasannya, ketika mereka  mendaftarkan Diawara dalam kategori U22, tidak ada peringatan dari penyelenggara liga. (*)

Bapenda Sulsel

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *