oleh

3 Calon Pelatih Terbaik Eropa 2020, Semuanya dari Jerman. Kapan Diumumkan?

SULSELONLINE.COM  Federasi Sepakbola Eropa atau UEFA mengumumkan tiga nominasi calon pelatih terbaik Eropa (UEFA) 2019-2020, Kamis (24/9/2020).

Menariknya, tiga pelatih itu semuanya asal Jerman, yakni arsitek tim Bayern Muenchen Hansi Flick, pelatih Liverpool Juergen Klopp, dan juru taktik RB Leipzig Julian Nagelsmann.

Hansi Flick menjalani lebih kurang separuh musim yang luar biasa bersama Bayern Muenchen.

Ia ‘mewarisi’ Bayern Muenchen yang tertatih-tatih di peringkat keempat Bundesliga (Liga Jerman) 2019-2020dari tangan Niko Kovac pada November.

Di tangan Flick, Bayern Muenchen mencatat 20 laga tanpa kalah. Hasilnya, mereka juara Liga Jerman, Piala Jerman (DFB Pokal), dan Liga Champions.

Di Liga Champions 2019-2020, Bayern menghancurkan Barcelona 8-2 di semifinal. Di final, Manuel Neuer dan kawan-kawan mengalahkan PSG 1-0.

Juergen Klopp yang mengawali musim 2019/20 dengan memenangi Piala Super UEFA, mengantarkan Liverpool jadi tim pertama yang juara Liga Inggris ketika masih tersisa 7 pertandingan.

The Reds, julukan Liverpool, unggul 18 poin di akhir musim Premier Leguae dari tim peringkat kedua, Manchester City.

Catatan Nagelsmann tidak kalah hebat. Pada usia 33 tahun, ia jadi pelatih termuda yang pernah mengantarkan tim yang ditanganinya memenangi pertandingan babak gugur Liga Champions, kendati langkah RB Leipzig terhenti di semifinal.

Ketiganya mengungguli manajer Paris Saint-Germain (PSG) Thomas Tuchel yang mendapat 76 suara, Gian Piero Gasperini (Atalanta/68 poin), Julen Lopetegui (Sevilla/57 suara), Rudi Garcia (Olympique Lyon/32 suara), Zinedine Zidane (Real Madrid/25 suara), Josep Guardiola (Manchester City/11 suara), dan Antonio Conte (Inter Milan/9 suara).

Pengumuman pelatih terbaik UEFA 2019-2020 untuk kategori putra ini akan berlangsu pada 1 Oktober mendatang, bersamaan undian grup Liga Champions 2020/21 di Nyon, Swiss.

Untuk kategori pelatih tim putri, tiga kandidatnya adalah  pelatih Barcelona Lluis Cortes, Stephan Lerch (VfL Wolfsburg), dan Jean-Luc Vasseur (Olympique Lyon). (*)

Bapenda Sulsel

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *