oleh

Bawaslu Bulukumba: ASN Tidak Netral Bisa Kena Pidana

SULSELONLINE.COM — Ketua Bawaslu Kabupaten Bulukumba, Ambo Radde Junaid mengimbau kepada para Pejabat Negara, Pejabat ASN, Kepala Desa/Lurah, agar tidak terlibat dalam politik praktis dengan membuat keputusan yang bersifat menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon.

”Larangan ini sangat jelas diatur dalam Pasal 71 ayat (1) Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016, dan jika ini dilanggar, maka ada sanksi Pidana sebagaimana yang diatur pada pasal 188”, jelas Ambo Radde, Selasa (29/9/2020).

Tahapan kampanye yang dimulai tanggal 26 September – 5 Desember 2020, sehingga kami ingatkan kembali kepada Pejabat Negara, Pejabat ASN, Kepala Desa/Lurah untuk tetap menjaga netralitas, tambahnya.

Untuk Aparatur Sipil Negara (ASN), kami ingatkan kembali untuk menjaga netralitas dan integritas sesuai dengan UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, dan PP Nomor 53 tentang Dispilin Pegawai Negeri Sipil serta PP Nomor 42 Tahun 2004 tentang pembinaan jiwa korps dan kode etik pegawai negeri sipil, tegasnya.

Sebagai langkah pencegahan, kami kembali memberikan imbauan kepada seluruh ASN,Kepala Desa dan Lurah yang ada di Bulukumba, ini untuk mengantisipasi terjadinya pelanggaran, jika pada khirnya nanti ditemukan ada pelanggaran maka Bawaslu akan melakukan penanganan, tambahnya. Bawaslu Periksa 17 ASN Diduga Tidak Netral di Pilkada

DPRD Kota Makassarl       Bapenda Sulsel

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *