oleh

4 Cara Mudah Agar Paru-paru Sehat, Termasuk Banyak Minum Air

SULSELONLINE.COM – Salah satu organ penting pada tubuh manusia adalah paru-paru. Organ respirasi atau pernapasan yang berhubungan dengan pernapasan dan sirkulasi darah.

Sebagai organ utama dalam sistem pernapasan, maka menjaga kesehatan paru-paru sangatlah penting. Jika tidak, berbagai penyakit pernapasan bisa mengancam.

Healthline melansir, penyakit paru-paru (tidak termasuk kanker paru) telah menyebabkan kematian sekitar 235 ribu orang setiap tahun.

Apalagi, paru-paru dan berbagai organ tubuh lainnya, juga menua seiring pertambahan umur. Karena itu, sangat penting untuk menjaga agar paru-paru selalu sehat.

Beberapa kebiasaan sederhana yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehata paru-paru, sebagai berikut:

Hindari Merokok

Merokok disebut-sebut sebagai pemicu sebagian besar penyakit paru-paru, mulai dari asma hingga kanker.

Mengutip lung.org, asap rokok dapat mempersempit saluran udara dan mempersulit pernapasan. Hal ini dapat menyebabkan peradangan kronis atau pembengkakan di paru-paru. Efek selanjutnya, dapat menyebabkan bronkitis kronis.

Setiap kali merokok, Anda menghirup ribuan bahan kimia ke dalam paru-paru, termasuk nikotin, karbon monoksida, dan tar.

Racun-racun ini merusak paru-paru Anda. Meningkatkan lendir, mempersulit paru-paru untuk membersihkan dirinya sendiri, serta mengiritasi dan mengobarkan jaringan.

Secara bertahap, saluran udara Anda menyempit, membuatnya lebih sulit untuk bernapas.

Hindari Paparan Polutan

Anda juga perlu menghindari paparan polutan, baik di dalam maupun di luar ruangan. Polusi dapat memperburuk kesehatan paru-paru Anda.

Polutan dapat mempercepat penuaan paru-paru. Polusi di dalam ruangan misalnya saja paparan bahan kimia tertentu, radon, hingga debu.

Sedangkan polutan di luar ruangan seperti asap kendaraan, hingga limbah konstruksi, dan pertambangan.

Olahraga Teratur

Olahraga merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, termasuk paru-paru.

Saat olahraga, tubuh membutuhkan lebih banyak oksigen untuk mengisi otot. Dengan begitu, paru-paru akan meningkatkan aktivitasnya untuk mengirimkan oksigen itu sambil mengeluarkan karbon dioksida tambahan.

Hasil penelitian menyebutkan, selama berolahraga, pernapasan meningkat dari sekitar 15 kali per menit menjadi sekitar 40 hingga 60 kali per menit.

Salah satu olahraga yang baik untuk kesehatan paru-paru adalah aerobic. Sebab, aerobic secara rutin dapat membantu melatih napas Anda.

Minum Banyak Air

Web MD melansir, ada lapisan tipis lendir di dalam paru-paru manusia.

Karena itu, ketika Anda mendapatkan cukup air sepanjang hari, lapisan ini tetap tipis dan menjaga paru-paru bekerja dengan baik.

Selain itu, menjaga diri tetap terhidrasi dengan baik dapat membuat kita lebih mudah mengeluarkan lendir dari paru-paru. (*)

Bapenda Sulsel

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *