oleh

Beasiswa PPI untuk Siswa SMA Sederajat, Ini Syaratnya

SULSELONLINE.COM – Siswa-siswi SMA dan sederajat yang berprestasi atau memiliki keterbatasan ekonomi, berpeluang mendapatkan dana bantuan melalui program beasiswa Pendidikan Pemuda Indonesia (PPI).

Event Hunter Indonesia melalui beasiswa PPI berharap, program ini membantu pemuda di Indonesia untuk memaksimalkan potensi akademiknya.

“Harapan dari program ini adalah setiap pemuda di Indonesia yang masih menempuh pendidikan, dapat terbantu dan fokus memaksimalkan potensi akademik yang dimiliki tanpa terkendala biaya pendidikan,” tulis Event Hunter Indonesia melalui situs resminya.

Selain memberikan dana bantuan, beasiswa PPI juga mengadakan kelas pengembangan soft skills melalui program Serial Class Skill Development.

Tujuannya, agar penerima beasiswa PPI nantinya memiliki sumber daya yang berkualitas dan cakap secara intelegensia maupun emosional.

Beasiswa PPI tingkat SMA/SMK/MA/Sederajat terbagi menjadi dua kategori, yaitu pelajar berprestasi dan kurang mampu.

Cakupan Beasiswa

Untuk kategori beasiswa berprestasi, pelajar SMA sederajat mendapatkan subsidi biaya pendidikan secara tunai sebesar Rp 300 ribu per bulan dalam satu semester.

Untuk kategori beasiswa kurang mampu, siswa juga mendapatkan uang tunai Rp 300 ribu per bulan dalam satu semester.

Syarat yang Harus Dipenuhi

Mengutip kompas, untuk memeroleh beasiswa PPI kategori berprestasi atau kurang mampu, siswa SMA/SMK/MA/sederajat harus memenuhi syarat sebagai berikut:

* Warga Negara Indonesia (WNI)

* Siswa aktif SMA/SMK/MA/Sederajat

* Tidak ada minimal nilai rapor

* Pelajar yang sudah menerima beasiswa pemerintah maupun swasta diperbolehkan mendaftar

* Kartu pelajar

* Scan nilai rapor semester awal hingga akhir (Jika belum memiliki nilai rapor, pelamar bisa menggunakan Surat Keterangan Hasil Ujian SMP)

* Surat pernyataan keaslian dokumen bermaterai, dokumen dapat diunduh dari tautan bit.ly/SPPPI.

* Sebagai tambahan, pelamar beasiswa PPI kategori berprestasi harus melampirkan sertifikat kegiatan akademik maupun non-akademik

Bagi siswa yang mendaftar beasiswa PPI pada kategori kurang mampu, harus menyiapkan dan memberikan berbagai dokumen sebagai berikut:

* Surat pernyataan penghasilan orangtua gabungan jika dibagi dengan anggota keluarga per orang kurang dari Rp 750.000 per bulan (surat pernyataan dapat diunduh melalui bit.ly/SPPPI)

* Menulis esai yang diisikan saat melakukan unggah berkas pendaftaran melalui Google Form.

Waktu Pendaftaran

Program beasiswa PPI memberikan kesempatan untuk siswa SMA/SMK/MA/Sederajat mendaftar sejak 25 Oktober hingga 25 November 2020.

Dalam periode yang sama, pendaftar harus membagikan poster dan foto memakai bingkai resmi atau twibbon dari beasiswa PPI.

Seleksi berkas akan berlangsung mulai dari 28 November sampai dengan 2 Desember 2020 dan mengumumkan hasil seleksi pada 7 Desember 2020.

Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi berkas akan maju ke tahap selanjutnya, yaitu wawancara.

Seleksi wawancara dimulai pada 13 Desember 2020 dengan waktu tertentu yang sudah ditentukan Event Hunter Indonesia.

Pada 19 Desember 2020, penerima beasiswa PPI akan menerima surat resmi dan Event Hunter Indonesia akan mempublikasikannya melalui situs dan media sosial resminya.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai panduan pendaftaran dan kententuan lainnya, pelamar dapat melihat situs resmi https://www.eventhunterindonesia.com/.

 

Bapenda Sulsel

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *