oleh

BAZNAS Maros Mudahkan Masyarakat dengan Membuka Gerai Zakat

SULSELONLINE.COM, MAROS —  Guna memudahkan masyarakat tunaikan zakat, infaq dan sedekah, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Maros membuka Gerai Zakat di sejumlah tempat.

Ketua BAZNAS Maros, H.A Said Patombongi mengatakan Gerai Zakat ini juga untuk sosialisasi program BAZNAS serta memperluas dan mendekati muzakki.

“BAZNAS Maros menerjungkan relawan untuk memasang Gerai Zakat di beberapa tempat strategis, seperti di mal, masjid-masjid besar, kantor dan perusahaan,” ujarnya, Rabu (4/11/2020).

Selain melalui Gerai Zakat ini, masyarakat Maros dapat langsung tunaikan pembayaran zakat di Kantor BAZNAS Maros di Jalan Kemiri Nomor 13 Alliritengae Turikale Maros.

H.A Said Patombongi yang akrab disapa Ustadz Andis, juga menyampaikan bahwa zakat yang dikeluarkan bertujuan untuk membersihkan harta yang dimiliki, menyucikan jiwa, dan dapat membantu meringakan beban orang yang membutuhkan.

Zakat dalam syariat Islam adalah hak fakir miskin, mualaf, orang yang berjuang di jalan Allah dan lainnya sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah.

Perintah berzakat ini mengandung hikmah yang sangat besar. Sesuai dengan maknanya yang berarti suci, zakat bertujuan untuk menyucikan hati si pihak wajib zakat dari sifat kikir, bakhil dan pelit yang merupakan sifat dasar manusia.

“Selain itu, zakat juga mengandung hikmah bagi pribadi si pelaku wajib pajak di antaranya adalah zakat mampu mendidik jiwa agar menjadi suka berinfak dan memberi, berakhlak dengan akhlak Allah, zakat merupakan manifestasi syukur atas nikmat Allah, zakat mengobati hati dan cinta dunia, zakat mengembangkan kekayaan batin, zakat menarik simpati, zakat menyucikan jiwa, dan zakat juga mengembangkan harta yang dimiliki,” jelasnya. (*)

Bapenda Sulsel

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *