oleh

Siap-siap, KemenPAN-RB Buka Pendaftaran CPNS di 2021

SULSELONLINE.COM — Sejumlah kementerian dan lembaga telah mengumumkan hasil seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) formasi 2019.

Peserta bisa mengakses pengumuman hasil CPNS 2019 melalui laman resmi instansi yang dilamar.

Peserta yang lolos seleksi CPNS adalah mereka yang memenuhi nilai hasil integrasi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Pihak penyelenggara juga menyediakan masa sanggah terhadap integrasi SKD dan SKB yang dapat diakses melalui akun di portal SSCN.

Tak semua lolos dalam seleksi CPNS 2019. Bagi yang tak lolos, pasti ada kekecewaan yang dirasakan, namun jangan patah semangat

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Biro Humas Hukum dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Nasional (BKN), Paryono berharap, peserta yang belum lolos CPNS 2019 untuk tak patah semangat, masih ada seleksi CPNS 2021.

“Kalau sekarang enggak masuk dan tahun depan ada pendaftaran CPNS ya silakan dicoba kembali. Jangan patah semangat,” ujarnya, melalui Kompas.com, Jumat (13/11/2020).

Menurutnya, pada seleksi CPNS kali ini, ada peserta yang mencoba berkali-kali hingga akhirnya lolos seleksi.

Sebelumnya, Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) berencana kembali mengadakan seleksi CPNS pada tahun 2021. Diperkirakan, jumlah formasi yang dibuka pada CPNS 2021 akan lebih banyak dibandingkan formasi tahun 2019.

Paryono mengungkapkan, mereka yang tidak lolos masih berpeluang mengisi formasi yang kosong. Formasi ini akan dioptimalisasi oleh pihak penyelanggara.

Untuk mengisi formasi yang kosong akan diambil dari ranking terbaik formasi yang sama dan pendidikan yang sama.

“Jadi, walaupun tidak lulus, kalau rankingnya terbaik, dan ada formasi yang kosong kemudian dioptimalisasi kan bisa. Tetapi itu tergantung bersaing juga dengan yang lain,” ujarnya.

Mengenai jumlah formasi yang kosong, ia mengaku belum mengetahui detailnya.

Formasi kosong dapat diketahui dengan mengecek di masing-masing instansi. Formasi kosong ini terjadi karena adanya formasi yang masih disediakan tetapi tidak terisi.

Penyebabnya, bisa karena tidak ada pendaftar atau memang tidak ada peserta yang memenuhi passing grade. Para peserta juga diimbau agar tidak tergiur dengan pihak yang menawarkan kelulusan.

“Kalau ada peserta yang tidak lulus dan ada yang menawarkan sesuatu dari orang yang mengatasnamakan BKN atau KemenPAN-RB yang menjanjikan itu jangan percaya,” paparnya.

Peserta diminta waspada terhadap oknum yang meminta imbalan uang. (*)

Bapenda Sulsel

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *