oleh

SMK Widya Nusantara Maros Pelatihan Perkuat Pendidikan Karakter

SULSELONLINE.COM — Bagi dunia pendidikan di SMK, pendidikan karakter merupakan bekal penting bagi siswa sebelum mereka akan berbaur dalam persaingan kerja.

Bukan hanya kemampuan, pembentukan mental kuat juga menjadi tujuan utama dari pendidikan karakter.

Pendidikan karakter adalah pendekatan langsung pada pendidikan moral, yakni mengajari peserta didik dengan pengetahuan dan moral untuk menjadi profesional di dunia kerjanya kelak.

Untuk itu, SMK Widya Nusantara Maros sebagai sekolah menengah kejuruan dengan jurusan Kehutanan konsen menggelar pelatihan penguatan budaya kerja bersama Iduka dan sekolah imbas dengan mengangkat tema pendidikan karakter adalah kebangkitan bangsa.

Kepala SMK Widya Nusantara Maros, Indah Suryandari menyampaikan bahwa penanaman karakter menjadi hal utama untuk menumbuhkan jiwa tanggung jawab pada anak.

“Diharapkan budaya kerja yang ada di dunia kerja, sikap yang tertanam sejak di sekolah menjadi modal untuk bekerja dengan baik. Penanaman karakter menjadi modal utama anak kita nanti di dunia kerjanya,” ujarnya, Sabtu (21/11/2020).

Pelatihan ini bertempat di aula SMK Widya Nusantara di Jalan Perhubungan Udara Batangase Bontoa Mandai Maros pada 18 November 2020.

Pelatihan diikuti oleh 5 SMK di Maros sebagai sekolah sasaran imbas, yakni SMK Tris, SMK Salewangang, SMK Persatuan, SMK Harapan dan SMK Bahagia Prima Negara.

Dihadiri Kepala Cabang Dinas Wilayah 1 Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Hj Bagyang, yang menyampaikan apresiasinya atas digelarnya kegiatan pelatihan ini. Sebab sangat membantu para guru dalam mengembangkan sistem dan pola pembelajarannya di sekolah.

“Apalagi saat pandemi Covid ini, pelajar membutuhkan pendidikan karakter dalam membentuk karakter siswa yang disiplin,” paparnya.

Dalam pelatihan ini hadir narasumber yang kapabel memberikan materi bagi pendidik yang mewakili sekolahnya masing masing. Pelatihan didukung oleh Direktorat SMK Kementerian Pedidikan dan Kebudayaan RI.

Sementara itu, Pembina Yayasan SMK Widya Nusantara Maros, Raden Budhi Sugiharto mengungkapkan, diklat ini digelar untuk menumbuhkan karakter siswa-siswi yang kuat dan rasa bertanggung jawab. Sebagai modal berharga dalam menghadapi dunia kerja untuk menjadi SDM yang berkualitas dan berdaya saing.

Selama ini pendidikan karakter yang telah diterapkan di SMK Widya Nusantara telah berhasil untuk membantu melahirkan SDM atau lulusan yang kompetitif dan berkualitas.

“Banyak lulusan kami, putra-putri yang berhasil menembus pekerjaan di tempat yang bergengsi, baik swasta maupun instansi negeri berkat modal pendidikan karakter yang kuat sejak mereka pertama kali bersekolah,” ungkapnya. (*)

Bapenda Sulsel

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *