oleh

Bapenda Sulsel Sosialisasi Pergub Tentang Pajak Daerah

MAKASSAR – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelar sosialisasi dua Peraturan Gubernur  (Pergub) Sulsel Senin 30 September 2020 di Hotel Claro Makassar.

Pergub yang disosialisasikan tersebut yakni Pergub Nomor 14 Tahun 2020 tentang Petunjuk Pelaksanaan Retribusi Jasa Usaha dan Pergub Nomor 64 Tahun 2020 tentang Pajak Daerah Khusus Jenis Pajak Air Permukaan.

Ketua panitia sosialisasi, Reza Faisal Saleh, mengatakan, sosialisasi ini digelar untuk menyebarluaskan informasi tentang dua pergub tersebut.

“Kita harap peserta sosialisasi dapat menerapkan pergub ini pada pelayanan dan pemungutan pajak daerah dan retribusi  daerah,” katanya di depan sekitar 100 peserta  yang merupakan pengelola retribusi jasa usaha lingkup Pemprov Sulsel, pejabat dan staf UPT Bapenda Sulsel, dan unit kerja terkait pajak daerah dan retribusi jasa usaha.

Sosialisasi pajak ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel Abdul Hayat Gani didampingi Kepala Bapenda Sulsel Andi Sumardi Sulaiman, Sekretaris Bapenda Sulsel Andi Winarno Eka Putra, dan empat kepala bidang Bapenda Sulsel.

Dalam sambutannya ia berharap pemungutan retribusi dapat dioptimalkan oleh petugas pada tempat-tempat yang telah ditentukan.

Menurutnya, pergub ini mengalami perbaikan dan bisa saja kembali diperbaiki karena lingkungan dan kondisi yang terus berubah. Pergub harus berubah menyesuaikan masyarakat dan lingkungan, ujarnya.

Pemateri lain dalam sosialisasi ini adalah Kabid Pendapatan Asli Daerah (PAD) Bapenda Sulsel, Darmayani Mansyur.

Menurutnya,  retribusi jasa usaha merupakan retribusi atas jasa usaha dan pelayanan yang disediakan pemerintah daerah dengan prinsip dan sasaran untuk memperoleh keuntungan dengan mempertimbangkan biaya pelayanan, biaya pemeliharaan saradan dan prasarana yang berorientasi pada harga pasar.

Adapun jenis retribusi jasa usaha yang dipungut Pemprov Sulsel adalah retribusi pemakaian kekayaan daerah, retribusi pelayanan kepelabuhanan, retribusi tempat rekreasi dan olahraga, retribusi penjualan produksi usaha daerah, dan retibusi terminal.

Materi selanjutnya dibawakan Kabag Peraturan Perundang-Undangan Pemprov Sulsel Andi Idris. Ia menjelaskan perjalanan peraturan gubernur yang diawali dari sebuah perencanaan dan berakhir dengan sosialisasi pergub seperti yang dilakukan Bapenda Sulsel.

Sedangkan Kepala Bapenda Sulsel yang diwakili Reza Faisal Saleh  membawakan materi tentang Pergub Nomor 64 tahun 2020 tentang  Perubahan Kedua Atas Pergub Sulsel Nomor 100 tahun 2018 tentang petunjuk Pelaksanaan Peraturan Daerah Provinsi Sulsel nomor 8 tahun 2017 tentang Perubahan Atas Perda Provinsi Sulsel Nomor 10 tentang Pajak Daerah Khusus Jenis Air Permukaan.

Materi ditutup dengan tanya jawab dari peserta.(a)

 

 

 

 

 

 

DPRD Kota Makassarl       Bapenda Sulsel

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *