oleh

Petani-Nelayan dan Peternak Bertekad Menangkan Hatikita Keren di Pilkada Maros

SULSELONLINE.COM, MAROS — Ratusan perwakilan Petani, Nelayan dan Peternak di Maros menyatakan diri mendukung pasangan calon nomor urut 2, Chaidir Syam dan Suhartina Bohari di Pilkada Maros.

Deklarasi itu digelar di Grand Hall Waterboom Mandai Maros, dihadiri perwakilan kelompok tani dari 14 kecamatan di Maros.

Bagi mereka, hanya Hatikita Keren yang memiliki visi dan misi pro terhadap petani, nelayan dan peternak.

Selain itu, pasangan calon Maros Keren atau Masker dinilai sebagai calon pemimpin yang mampu membawa rakyat Maros lebih sejahtera.

“Di Maros ada 1249 kelompok tani dan Insya Allah telah menyatakan diri untuk mendukung Maros Keren. Kami anggap program Maros Keren ini sangat pro dengan petani, nelayan juga peternak. Kami juga yakin beliau berdua mampu mewujudkannya,” kata koordinator petani, Abdul Majid, Kamis (3/12/2020).

Ia menjelaskan, hanya Maros Keren yang berani melakukan kontrak politik dengan mereka, sehingga pilihan dukungan itu diberikan. Meski demikian, mereka berharap agar kontrak politik itu tidak hanya sebagai komitmen bersama tapi akan menjadi sebuah agenda besar bagi kemajua para petani, nelayan juga peternak di Maros.

“Kami berharap ini tidak hanya sekadar komitmen saja, tapi lebih dari itu. Program pemerintah daerah nantinya diharapkan betul-betul bisa bersinergi dengan kepentingan petani, nelayan dan juga peternak, utamanya menyangkut kesejahteraan,” jelasnya.

Saat menyampaikan orasi politik, Chaidir Syam dan Suhartina Bohari tak lupa memaparkan 12 program khusus mereka bagi petani, nelayan dan juga peternak.

Seperti memperkuat kelembagaan ekonomi petani di setiap desa dan kelurahan utamanya persoalan modal pertanian.

“Selain penguatan lembaga ekonomi, kami juga akan membangun infrastruktur dari hulu ke hilir, baik jalan tani, embung, cekdam dan perbaikan irigasi pertanian. Tentu ini akan kita koordinasikan dengan pihak pemerintah provinsi,” papar Chaidir Syam.

Selain itu, Chaidir Syam menyampaikan akan menyiapkan alat pertanian untuk kebutuhan petani di setiap desa dan kelurahan, dari traktor hingga Combine. Ia juga akan menstabilkan dan menjaga ketersediaan pupuk bersubsidi bagi para petani sawah dan juga tambak.

“Kita juga akan menyiapkan bibit yang bermutu dan bersertifikat. Selanjutnya, program asuransi usaha tani dan asuransi ternak akan kami aktifkan untuk meminimalisir kerugian petani atau peternak jika terjadi gagal panen,” ujarnya.

Juga akan memberikan peluang kepada milenial yang ingin bergerak di bidang pertanian dengan bantuan Pendidikan dan pelatihan. Hal ini dilakukan untuk menumbuhkan minat pertanian ke generasi selanjutnya.

“Kita juga akan membuat program satu produk utama di satu wilayah, untuk meningkatkan produktifitas lokal di satu daerah. Nah bagi daerah yang persawahan tadah hujan, kami juga akan menyiapkan sumber air dengan menggali sumur bor,” pungkasnya.

Menjelang pemungutan suara atau pencoblosan yang sisa beberapa hari, dukungan ke Maros Keren memang terus berdatangan dari berbagai komunitas dan profesi. Sebelumnya, Chaidir Syam dan Suhartina Bohari mendapatkan dukungan dari perwakilan organisasi perempuan yang ada di Maros. (*ad)

DPRD Kota Makassarl       Bapenda Sulsel

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *