oleh

BMKG Prediksi Makassar Masih Akan Diguyur Hujan Sepekan Kedepan

SULSELONLINE.COM, MAKASSAR — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan informasi update prakiraan cuaca di seluruh wilayah Indonesia termasuk 33 kota besar Indonesia, melalui website, Jumat (4/12/2020).

Memasuki awal bulan Desember 2020, sejumlah wilayah di Indonesia mulai dilanda hujan. Meskipun, ada juga beberapa wilayah yang masih terlihat cerah.

Prakirawan Cuaca BMKG Wilayah IV Makassar, Resky Yuda menyampaikan, untuk sepekan kedepan Kota Makassar akan diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

Apalagi saat ini Sulawesi Selatan sudah mulai memasuki masa musim hujan.

“Umumnya, potensi hujan ringan hingga sedang dan ini bisa terjadi sepanjang hari, yang bisa kami informasikan adalah intensitas hujan saat ini ringan hingga sedang, dan akan terus meningkat sampai pada puncak musim hujan yaitu pada bulan Januari 2021,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG Makassar, Hanafi Hamza mengatakan, bahwa sebuah kondisi dikatakan musim hujan, jika dalam 10 hari curah hujannya lebih dari 50 milimeter.

“Kemudian diikuti oleh dekade – dekade selanjutnya dengan jumlah curah hujan lebih 50 mm,” jelasnya.

Ia mengimbau, agar saluran air harus dipastikan tidak tersumbat, agar air hujan bisa mengalir, sehingga tidak terjadi genangan.

“Hal yang bisa kita lakukan sekarang adalah, apabila disuatu daerah mengalami curah hujan, maka curah hujan itu harus segera mengalir. Misalkan selokan-selokan harus dipastikan bahwa alirannya bisa sampai ke kanal-kanal. Dan kanal ini juga penting, bagaimana kalau ada debit air yang besar, bisa segera mengalir ke laut,” paparnya, seperti dilansir dari Tribun Timur. (*)

DPRD Kota Makassarl       Bapenda Sulsel

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *