oleh

Manfaat Teh Serai dan Madu untuk Kesehatan

SULSELONLINE.COM – Pandemi Covid-19 belum berakhir. Mari menjaga kesehatan dengan memanfaatkan bahan yang ada di sekitar kita.

Misalnya saja dengan memanfaatkan sera, teh, dan madu untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Tahukah Anda jika teh serai dicampur madu memiliki kandungan gizi yang menakjubkan?

Diabetes
Beberapa penelitian menunjukkan rebusan serai bisa menurunkan kadar gula darah sehingga bermanfaat bagi penderita diabetes.Namun, konsultasikan dengan dokter jika sudah menjalani pengobatan diabetes.

Hasil Penelitian Tiongkok: Minum Teh Rutin Bisa Perpanjang Umur

Atasi tekanan darah tinggi
Serai kaya akan kalium yang meningkatkan produksi urine dalam tubuh. Baca Juga: Hubungan Tekanan Darah Tinggi dan Sakit Gigi Efek ini bisa merangsang sirkulasi darah dan menurunkan tekanan darah.

Dengan meningkatkan sirkulasi darah, serai juga membantu membersihkan hati. Serai juga dikenal membatasi penyerapan kolesterol dari usus, sehingga meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

Detoksifikasi tubuh
Serai dikenal sebagai diuretik yang bisa melancarkan buang air kecil. Buang air kecil yang lancar bisa membersihkan tubuh dari kelebihan cairan dan natrium. Minum teh serai bisa memiliki efek diuretik, yang berarti merangsang ginjal untuk mengeluarkan lebih banyak urine.

Efek diuretik ini membantu membersihkan ginjal dan meningkatkan fungsinya. Efek diuretik ini pada tubuh bisa bermanfaat dalam kasus di mana retensi air menyebabkan kembung.

Anti peradangan
Dua senyawa utama dalam serai, citral dan geranial, dianggap bertanggung jawab atas manfaat anti-peradangan. Senyawa-senyawa ini dikatakan membantu menghentikan pelepasan penyebab peradangan tertentu dalam tubuh.

Dengan sifat anti peradangan ini, serai bisa mencegah berbagai peradangan seperti flu, sakit tenggorokan, hingga masalah pencernaan akibat peradangan. Citral dalam serai juga dianggap memiliki kemampuan antikanker yang kuat terhadap beberapa garis sel kanker. Beberapa komponen serai membantu melawan kanker.

Kurangi kecemasan
Banyak orang menemukan minum teh panas untuk membuat rileks, tetapi teh serai bisa menawarkan sifat mengurangi kecemasan lebih banyak lagi. Aroma serai bisa membantu orang mengatasi kecemasan. Serai juga memiliki efek menenangkan, yang bisa membantu tidur nyenyak. Ini juga bisa membantu meringankan insomnia akibat kecemasan.

Menurunkan berat badan
Air rebusan serai bisa digunakan sebagai minuman detoksifikasi untuk melancarkan metabolisme dan membantu menurunkan berat badan. Ini karena sifat diuretik alaminya.

Daun serai dan batangnya mengandung polifenol yang meningkatkan pengeluaran energi dan oksidasi lemak, efek ini bisa mendukung penurunan berat badan. (al)

Empat Bahan Alami untuk Atasi Sakit Tenggorokan, Termasuk Madu

DPRD Kota Makassarl       Bapenda Sulsel

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *