oleh

Iwan Fals Tanggapi Soal Lagu ‘Indonesia Raya’

SULSELONLINE.COM — Musisi senior Iwan Fals menanggapi video parodi lagu “Indonesia Raya” yang dinilai mengandung unsur penghinaan.

Video yang diduga diibuat oleh warga negara Malaysia itu memantik emosi warga Indonesia.

Parodi tersebut pertama kali diunggah oleh kanal Youtube bernama MY Asean. Dalam video berdurasi 1 menit 30 detik itu, lirik lagu “Indonesia Raya” diganti dengan kata yang tidak sopan.

Parodi lagu tersebut juga menghina Presiden Joko Widodo dan Presiden Soekarno, serta bangsa Indonesia.

Selain itu, dalam video juga dinilai menghina lambang negara Burung Garuda yang diubah dengan ayam berlambang Pancasila dengan latar belakang bendera Merah Putih. Sayap burung Garuda diberi simbol kepala babi dan semboyan Bhineka Tunggal Ika diubah menjadi ‘Indognesial Raya’.

Iwan Fals memberikan reaksi yang tak terduga dalam cuitan singkatnya. Alih-alih akan marah, Iwan Fals justru meminta kepada masyarakat Indonesia untuk tidak terpancing.

“Lagu Indonesia Raya diplesetin…Jangan Kepancing,” cuit Iwan Fals disertai emoji wajah datar, pada Senin 28 Desember 2020 lalu.

Meski terlihat singkat, cuitan tersebut mampu menyita perhatian warganet. Kolom komentar banjir dengan beragam tanggapan.

“Nggak usah ribut, kita juga suka melecehkan bahasa mereka.. RS Bersalin menjadi RS korban Lelaki,… Jalan ditempat menjadi Injak-injak Bumi… dstnya..,” komentar seorang netter dengan menambahkan emoji tertawa.

“Saya sie terima kasih sama yg sdh plesetin. Jadi rasa nasionalisme kita terbentuk. Semoga menjadi pupuk yg gratis tertanam dlm hati. Bukan hanya jargon Tapi pembuktian Baik buruk +62 gwa Indonesia,” sahut netter yang lain. (*)

Pemkab Maros     Bapenda Sulsel     DPRD Kota Makassar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *