oleh

Di Singapura Harga Honda Jazz Rp 1 Miliar, Ini Penyebabnya

SULSLEONLINE.COM – Harga Honda Jazz generasi keempat di Singapura dipasarkan dengan harga mulai 95.999 SGD atau setara Rp 1,021 miliar.

Sementara di Jepang Honda Jazz dijual dengan nama Honda Fit harganya cuma 1.557.600 yen atau Rp 210 jutaan.

Kenapa mobil di Singapura mahal-mahal?

Pemerintah Singapura telah mengatur jumlah total mobil yang beredar di negara kecil tersebut. Pemerintah negeri itu mengeluarkan izin dalam jumlah terbatas.

Pembeli mobil harus memiliki Sertifikat Kepemilikan atau Certificates of Entitlement (COE).

Calon pembeli harus menawar COE terlebih dahulu sebelum diizinkan membeli mobil.

Itu tidak murah, COE untuk mobil dengan mesin 1.600 cc ke bawah harganya SG$ 40.609 (Rp 433 juta). COE akan lebih mahal lagi untuk kendaraan dengan mesin di atas 1.600 cc.

Mahalnya harga mobil di Singapura adalah bagian dari rencana pemerintah untuk membatasi jumlah mobil. Sebab ruang negeri itu sangat terbatas.

“Saat ini, 12% dari total luas daratan Singapura diambil alih oleh jalan raya. Mengingat kendala lahan dan kebutuhan yang bersaing, ada ruang lingkup yang terbatas untuk perluasan jaringan jalan lebih lanjut,” kata Otoritas Transportasi Darat Singapura dikutip CNN, Rabu (13/1/2021).

Singapura bekerja keras untuk membatasi kendaraan. Masyarakat akan dengan senang hati memilih untuk berjalan, bersepeda dan menggunakan transportasi umum.

Melanie Ralph, seorang jurnalis sekaligus istri dari CEO di sebuah perusahaan manajemen aset mengatakan COE ada di Singapura karena negeri itu adalah pulau kecil dengan transportasi umum yang sangat baik.

“Karena transportasi umum di sini sangat bagus, sebenarnya memiliki mobil di Singapura itu kemewahan bagi banyak orang,” katanya. (alm)

DPRD Kota Makassarl       Bapenda Sulsel

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *