oleh

Warga yang Divaksin Covid-19 Dapat Sertifikat Kesehatan sebagai Dokumen Perjalanan

SULSELONLINE.COM — Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin berencana memberikan insentif berupa sertifikat kesehatan digital kepada warga yang divaksinasi virus corona (Covid-19).

Ia menyebut sertifikat digital itu nantinya bisa digunakan oleh warga sebagai dokumen saat melakukan perjalanan.

“Sehingga kalau beliau terbang atau pesan tiket di Traveloka, tidak usah menunjukkan PCR test atau antigen,” ujarnya dalam Rapat Kerja Komisi IX DPR RI di Kompleks Parlemen Jakarta, mengutip CNN Indonesia, Jumat (15/1/2021).

Ia mengatakan pemberian sertifikat ini agar masyarakat bersedia divaksinasi. Menurutnya, pemerintah tak akan lagi menggunakan narasi sanksi dalam mengampanyekan vaksinasi.

Pemberian insentif tersebut juga bisa mendukung penerapan protokol kesehatan. Ia menyebut warga yang hendak datang ke pusat perbelanjaan atau menghadiri kerumunan bisa menunjukkan sertifikat tersebut.

Menurut mantan Ditektur Utama Bank Mandiri itu, pemerintah akan membuat aplikasi sendiri apabila rencana pemberian sertifikat digital ini berjalan. Ia mengaku akan melibatkan pengembang aplikasi dalam negeri.

Pemerintah sudah mulai vaksinasi Covid-19 sejak Rabu 13 Januari 2021. Mulai hari ini, sejumlah kepala daerah dan tenaga kesehatan juga disuntik vaksin Covid-19.

Pemerintah sudah memiliki sekitar 3 juta dosis vaksin Covid-19 Sinovac dan sudah terdistribusi ke sejumlah daerah. (*)

Bapenda Sulsel       DPRD Kota Makassar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *