oleh

Chaidir Syam: Maros Menuju Kabupaten Literasi

SULSELONLINE.COM — Bupati Maros terpilih, H.A.S Chaidir Syam S.IP M.H menyatakan Maros menuju Kabupaten Literasi di Sulsel.

Hal itu disampaikannya dalam Dialog Literasi dan Pencanangan Wakaf Buku Maros yang digagas tokoh literasi Sulsel yang juga Ketua Forum Pengelola Perpustakaan Lorong Desa Sulsel, Bachtiar Adnan Kusuma.

Dialog literasi ini digelar di Warkop Bagas Maros pada Minggu 17 Januari 2021.

Menurut Chaidir Syam, sebenarnya gerakan literasi di .Maros telah tumbuh semarak sejak 2016 tatkala dirinya menjadi Ketua DPRD Maros.

Saat itu, ia memprakarsai tumbuhnya kelompok-kelompok komunitas baca di Maros.

Selain itu, Chaidir Syam bersama Anggota DPRD Maros menggagas Perda Literasi Kabupaten Maros, ia juga konsen membina dan merawat hubungan emosional dengan pegiat literasi Maros.

Karena itu, Chaidir Syam yakin lewat dialog literasi dan Pencanangan Wakaf Buku Maros akan kembali membakar semangat berkegiatan literasi di Maros.

“Kami berharap dengan dukungan dan kerjasama yang baik dari semua pihak, khususnya para pegiat literasi, tokoh-tokoh literasi, insya Allah, Maros menjadi sebuah kabupaten literasi. Kabupaten keren karena membaca,” ujarnya, Selasa (19/1/2021).

Dalam acara itu, ada 30 penerima wakaf buku Maros yang digagas Forum Perpustakaan Desa Sulsel, Ikatan Pustakawan Indonesia Maros dan Dinas Perpustakaan Arsip Provinsi Sulsel.

Sementara, Anggota Komisi E DPRD Sulsel, Andi Muhammad Irfan AB, Wakil Ketua DPRD Maros, Hj Haeriah Rahman dan Ketua IPI Sulsel, Quraish Mathar sepakat bahwa kemajuan sebuah daerah dimulai dari seberapa jauh pemerintah daerah memberikan perhatian optimal pada tumbuhnya literasi di daerah.

“Sejak dulu Maros dikenal sebagai kabupaten yang memiliki literasi cukup panjang. Buktinya ditemukannya artefak sejarah dan tulisan lontara yang masih melegenda sejak bertahun-tahun di Maros,” ungkap Andi M Irfan AB.

Acara temu pegiat literasi dan wakaf buku tersebut dihibur oleh Rising Star Indonesia, yang juga Duta Baca Perpustakaan Lorong Desa Sulsel, Athifah Anggraeni. (*)

Bapenda Sulsel       DPRD Kota Makassar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *