oleh

Viral, Lari Setiap Pagi Kumpulkan Sampah untuk Bersihkan Sungai

SULSELONLINE.COM —  Beredar video viral seorang pelari setiap pagi membersihkan sampah dari sungai di sekitar rumahnya.

Ia berlari sambil membawa tas atau karung sampah di pundaknya. Aksinya ini disebarkan melalui akun Instagram @nasdaily.

Pria bernama Curtis yang dijuluki dengan “Creek Runner 242” asal Kentucky Amerika Serikat ini berhasil menginspirasi banyak orang melalui aksi sosial tersebut.

Dia mendadak viral setelah video yang beredar di media sosial ditonton hampir sebanyak 600 ribu kali.

Dikutip dari video dokumentasi yang diunggah @nasdaily, Curtis awalnya hanya ingin berlari pagi di tepi sungai. Namun suatu hari ia justru melihat sampah matras yang hanyut di sungai. Sampai pada akhirnya Curtis menemukan hal serupa di hari berikutnya.

Lama-kelamaan Curtis merasa jengkel dengan apa yang dilihat. Tanpa berpikir panjang, ia langsung mengambil matras-matras itu dengan tangannya dan membawanya.

Hal ini masih berlanjut. Curtis menemukan tumpukan sampah yang terlihat mengapung di sungai tersebut. Ia memutuskan membawa sampah-sampah itu sebagai salah satu bentuk kepeduliannya terhadap lingkungan sekitar.

Hari demi hari Curtis lalui seorang diri mengangkut sampah-sampah di sungai. Bahkan, ia sudah mengumpulkan hampir 7.000 pon (3.175 kilogram) sampah dari sungai.

Tidak hanya sampah-sampah kecil, benda besar seperti pintu, kasur, matras, rongsokan besi, sampai perabot lainnya menutupi sungai. Curtis juga sempat mengalami cedera akibat aksi heroiknya tersebut. Kakinya tertusuk benda tajam sampai berdarah.

Ia sempat absen lari pagi selama 1 minggu, hingga akhirnya pulih dan melanjutkannya lagi. Dikarenakan banyak yang melihat aksi ini, Curtis akhirnya menginspirasi orang-orang di sekitarnya untuk membersihkan sampah yang ada di sungai-sungai
Amerika Serikat.

Curtis bahkan telah membentuk sebuah grup kecil dari para pelari yang peduli lingkungan untuk membantu mempercepat proses pembersihan sampah di sungai. Ia berpikir bahwa jika tidak ada yang peduli dengan lingkungan, siapa lagi?

Beberapa sampah yang diambil dijadikan berbagai benda seni seperti bingkai estetik, pajangan, hingga dekorasi rumah lainnya.

Ia berharap tindakan ini dapat ditiru orang lain untuk mengurangi polusi air dan yang lebih parahnya adalah polusi pada dunia.

“Pesan saya untuk siapa saja yang membuang sampah sembarangan, tolong hentikan! Anda tidak hanya menyakiti orang lain dan satwa liar, tetapi pada akhirnya Anda melukai diri sendiri, dalam jangka waktu yang panjang,” pesan Curtis dalam video
tersebut, dikutip, Selasa (26/1/2021). (*)

Bapenda Sulsel       DPRD Kota Makassar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *