oleh

Kelebihan Vaksin Nusantara Buatan Terawan

SULSELONLINE.COM – Indonesia saat ini diketahui tengah mengembangkan vaksin yang disebut dengan Vaksin Nusantara.

Vaksin yang juga dikenal dengan nama AV-Covid-19 tersebut dikembangkan melalui kerja sama antara Kementerian Kesehatan ( Kemenkes), RSUP dr. Kariadi Semarang, dan Universitas Diponegoro ( Undip).

Vaksin tersebut telah menyelesaikan uji klinis tahap pertama dan kini mulai menyelesaikan uji klinis tahap kedua.

Berikut ini sejumlah hal yang perlu diketahui mengenai Vaksin Nusantara:

  1. Telah diuji klinis fase 1 Melansir Kompas.com, Kamis (17/2/2021) uji klinis fase satu untuk Vaksin Nusantara telah selesai dengan melibatkan 27 relawan. Tim saat ini akan melanjutkan ke uji klinis fase 2. Tahap uji klinis fase 2 akan melibatkan 180 relawan. Selanjutnya nantinya jika sudah melakukan uji klinis fase 2 rencananya uji klinis fase III akan dilakukan kepada 1.600 orang.
  2. Proses pembuatan Berbeda dengan vaksin lainnya, Vaksin Nusantara dibuat menggunakan pendekatan sel dendritik (sel pertahanan, bagian dari sel darah putih) vaksin juga tidak memasukkan virus corona non aktif ke tubuh penerima. Anggota Tim Peneliti Vaksin Nusantara FK Undip/RSUP dr Kariadi, Yetty Movieta Nency menyebut, vaksin dibuat melalui sejumlah tahap. Awalnya darah seorang subjek diambil yang kemudian darah dibawa ke laboratorium. Darah tersebut kemudian dipisahkan antara sel darah putih dan sel dendriti
  3. Pertama di dunia¬† Yetty mengklaim Vaksin Nusantara merupakan vaksin pertama di dunia yang menggunakan pendekatan dendritik tersebut. “Penelitian vaksin Covid-19 di dunia ini kan ada sampai 200-an kelompok penelitian ya. Tapi setahu saya vaksin dengan pendekatan dendritik, ini adalah yang pertama di dunia,” kata dia.
  4. Bersifat personal Vaksin Nusantara bersifat personal menyesuaikan kondisi komorbid setiap individu. “Prosesnya simpel, mengalami inkubasi dan seminggu kemudian sudah menjadi vaksin individual dan disuntikkan ke dalam tubuh si pasien penerima vaksin dan pembuat vaksin itu sendiri. Dampaknya apa, tentu akan memberikan kekebalan terhadap Covid-19, karena ini sifatnya menjadi imunitas yang seluler, tentunya akan bertahan lama,” Mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto yang ikut memperkenalkan Vaksin Nusantara dikutip dari Kompas.com, Rabu (17 Februari 2021). Dengan penyuntikan ini pasien hanya menerima suntikan vaksin berasal dari sel darahnya sendiri dan bukan orang lain.

5. Kelebihan Vaksin Nusantara Terdapat sejumlah klaim kelebihan vaksin nusantara yakni:

– Vaksin ini dibuat di dalam negeri, kit dirakit dan didistribusikan oleh perusahaan lokal

– Lebih dari 90 persen komponen kit dibuat perusahaan lokal

– Produksinya tidak membutuhkan biaya peningkatan skala, karena bisa dibuat tanpa memerlukan pabrik, cukup dibuat di tempat pelayanan, misalnya rumah sakit, klinik, atau lab

– Harga murah dan bersaing, diperkirakan sekitar 10 dollar AS atau sekitar Rp 140.000

– Tidak ada vaksin cadangan yang terbuang, karena dibuat dari sel darah seseorang yang akan kembali diterima oleh orang yang sama ketika sudah menjadi vaksin

– Biaya pengiriman rendah, karena tidak membutuhkan alat penyimpanan dengan suhu -80 C dan sebagainya

– Cocok untuk kondisi medis yang vaksin lain tidak bisa mencakupnya

– Mudah diadaptasikan untuk patogen yang baru, misalnya virus mengalami mutasi.

  1. Metode Rumit

Ahli Biologi Molekuler Indonesia, Ahmad Utomo menilai metode pembuatan vaksin nusantara berbasis sel dendritik ini rumit. Butuh pegecekan berulang kali dalam pengerjaannya untuk memastikan apakah antibodi muncul dan untuk memastikan apakah proses sudah benar. Setelahnya ahli juga harus menunggu dan memastikan apakah antibodi muncul.

Pendekatan sel dendritik menurutnya sebenarnya sudah dipakai pada imunoterapi kanker. Metode ini menurutnya juga akan mahal karena proses kultur tak mudah dan rumit. Meski demikian, diberitakan Kompas.com sebelumnya. Vaksin Nusantara dipatok harga Rp 140.000. “Ini menarik sekali. Saat teman-teman ilmuwan mengetahui harga ini, mereka cuma bisa bilang W-O-W. Karena amazing, kecuali ada yang subsidi,” ungkapnya tertawa.

 

Pemkab Maros     Bapenda Sulsel     DPRD Kota Makassar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *