oleh

Bapenda Sulsel Gelar Donor Darah

MAKASSAR – Pandemi Covid-19 bukan alasan untuk tidak mendonorkan darah. Justru pada masa inilah kebutuhan darah sangat tinggi sementara stok terbatas karena kurangnya pendonor.

Untuk menjaga stok darah, ASN Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulsel kembali melakukan aksi sosial dengan menggelar donor darah yang diikuti pegawai Bapenda Sulsel.

Aksi donor darah digelar pada Rabu 24 Feberuari 2021 di Aula Bapenda Sulsel Jalan Andi Pangerang Petta Rani nomor 1 Makassar.

Donor darah ini digelar bekerjasama dengan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Transfusi Darah Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel.

Sekretaris Bapenda Sulsel Andi Winarno Eka Putra, mengatakan, donor darah ini rutin dibuat Bapenda Sulsel untuk membantu Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel menyediakan darah bagi warga yang membutuhkan.

“Saat Pandemi covid-19 seperti ini banyak warga yang enggan mendonorkan darahnya sehingga stok darah berkurang, sementara dinas kesehatan setiap hari membutuhkan darah,” katanya.

Ia berharap donor darah yang dilakukan Bapenda Sulsel bisa membantu Dinkes Sulsel dalam menyediakan stok darah.

Dokter Rafika dari (UPTD) Transfusi Darah Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel mengatakan, ada 40 orang pendonor di Bapenda Sulsel namun yang memenuhi syarat hanya 28 orang.

Yang tidak memenuhi syarat disebabkan oleh beberapa hal antara lain tekanan darah yang tidak stabil, habis mengonsumsi obat tertentu, dan masih banyak lagi.

Donor darah digelar mulai pukul 09.00-13.00. Donor darah sengaja hanya dibatasi selama empat jam karena darah yang telah terkumpul harus segera diolah agar tidak rusak.(alm)

 

Pemkab Maros     Bapenda Sulsel     DPRD Kota Makassar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *