oleh

6 Ribu Lebih Perusahaan Antre Beli Vaksin Mandiri

SULSELONLINE.COM – Program vaksinasi mandiri yang digaungkan pemerintah mendapat antusias besar dari pelaku usaha. Hingga kini, sudah ada 6.600 ribu lebih perusahaan yang mendaftar resmi di Kamar Dagang dan Industri (Kadin).

Ketua Umum Kadin Rosan P. Roeslani menyebut bukan tidak mungkin ada lebih banyak lagi dunia usaha yang berminat untuk bergabung.

“(Bisa lebih dari 10 ribu?) Oh iya bisa,” kata Rosan dengan tegas perihal potensi lebih banyak lagi pengusaha yang mendaftar vaksinasi mandiri kepada CNBC Indonesia, Jumat (26/2).

Jumlah 6.600 perusahaan lebih yang mendaftar itu masuk ke dalam batch pertama. Meski sempat ada penutupan, namun Kadin telah menerima kembali pendaftaran dari industri.

“Memang 6.680 something sudah ditutup dulu untuk first batch, tapi berdasar meeting Kementerian BUMN, PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional) kita sepakat dibuka kembali di Kadin, karena memang kita liat demand sangat banyak dan kepastian vaksin corona sudah jelas karena udah ada Permenkes, Juknisnya sedang dibuat,” sebut Rosan.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin sudah megeluarkan Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 10/2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), yang ditandatangani pada Rabu (24/2/2021).

“Saya sudah lapor ini dalam rapat PEN kemarin dengan Pak Airlangga dengan 7 Menteri, kita sepakat ini untuk dibuka kembali,” sebut Rosan.

Meski antusias tinggi, namun Perusahaan terikat peraturan dalam hal pembayaran. Dalam Beleid Permenkes itu tertulis perusahaan tidak bisa memungut biaya dari karyawan. Perusahaan yang menanggung biaya vaksinasi.

“Karyawan/karyawati, keluarga dan individu lain terkait dalam keluarga sebagai penerima Vaksin Covid-19 dalam pelayanan Vaksinasi Gotong Royong sebagaimana dimaksud pada ayat (3) tidak dipungut bayaran/gratis,” bunyi Pasal 3 Ayat (5), seperti dikutip CNBC Indonesia, Jumat (26/2/2021).(al)

 

Pemkab Maros     Bapenda Sulsel     DPRD Kota Makassar

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *