Seniman Radhar Panca Dahana Meninggal Dunia

Komunitas31 Dilihat

SULSELONLINE.COM — Seniman, sastrawan dan budayawan Radhar Panca Dahana meninggal dunia, Kamis (22/4/2021) malam karena sakit.

Penulis buku itu meninggal di RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta sekitar pukul 20.00 WIB.

Diketahui Radhar telah lama sakit dan harus rutin melakukan cuci darah.

Radhar Panca Dahana meninggal di usia 56 tahun.

“Memang jadwal rutin dia cuci darah, seminggu tiga kali, Selasa, Rabu, Kamis. Setelah cuci darah, tiba-tiba kondisinya drop,” kata Chavchay Syaifullah, Ketua Balai Sastra Indonesia, sahabat Radhar Panca Dahana saat ditemui di rumah duka, di Vila Pamulang, Tangerang Selatan.

Chavchay menuturkan, saat melakukan cuci darah, Radhar ditemani istrinya, Evi Apriani. Kondisi kesehatan Radhar memburuk beberapa bulan terakhir. “Di rumah pun kita sediakan oksigen,” katanya.

Menurut Chavchay, dalam berbagai kesempatan, Radhar mengaku memiliki 24 penyakit. “Itu akibat dari gagal ginjalnya yang merembet ke fungsi organ lainnya seperti jantung dan lain-lain,” kata dia. “Belakangan ini, Radhar mengaku kerap sesak napas.”

Seniman Cilik Grisbon Ramaikan Ini Bukan Festival

Kakak Radhar Panca Dahana, Radhar Tribaskoro, melalui akun Facebook-nya, mengabarkan kabar duka itu.

“Telah berpulang malam ini pukul 20.00 adik saya tercinta Radhar Panca Dahana di UGD RS Cipto Mangunkusumo,” tulis Radhar Tribaskoro.

“Mohon maaf atas semua kesalahan dan dosanya. Mohon doa agar ia mendapat tempat yang terbaik di sisiNya. Aaminn YRA,” di wall facebooknya.(al)

Unik: Masjid Transparan Karya Seniman Arab

Seniman Israk Halimsyah Berpulang, Penggiat Kesenian Maros Berkabung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *