Penggunaan Vaksin Corona Sinopharm DIkeluarkan, Efikasi 78 Persen

Kesehatan17 Dilihat

SULSELONLINE.COM – Badan Pengawas Obat dan Makanan RI (BPOM) mengeluarkan izin penggunaan darurat vaksin Corona buatan China National Pharmaceutical Group atau vaksin Sinopharm. Vaksin ini rencananya akan digunakan dalam program vaksinasi gotong royong yang didistribusi oleh Kimia Farma.

“EUA 2159000143A2 untuk vaksin dengan kemasan 1 vial berisi 0,5 ml. Indikasi yang disetujui adalah untuk membentuk antibodi untuk mencegah covid-19 pada orang dewasa di atas 18 tahun dengan pemberian dosis pada durasi 21-28 hari,” kata Kepala BPOM Penny K Lukito, dalam konferensi pers, Jumat (30/4/2021).

Lebih lanjut, disebutkan efikasi vaksin Sinopharm sebesar 78 persen yang ditemukan dalam uji klinis fase 3 di Uni Emirat Arab dengan 42 ribu subjek peneliti.Penny mengatakan vaksin Corona
Sinopharm akan tiba siang ini dan siap digunakan karena telah mengantongi izin EUA.

Adapun pengukuran imunogenitas setelah 14 hari pemberian dosis kedua memiliki netralitas 99,52 persen pada dewasa dan 100 persen pada lansia.

“Berdasarkan hasil eval terhadap data yang kami terima dapat disimpulkan bahwa pemberian vaksin Sinopharm 2 dosis dengan selang pemberian 21-28 hari menunjukkan profil keamanan yang dapat ditoleransi dgn baik,” papar Penny.

Bagaimana efek sampingnya?

Menurut Penny, secara umum efek samping vaksin Sinopharm dapat ditoleransi dengan baik oleh tubuh. Kejadian efek sampingnya pun terbilang sangat jarang terjadi.

Efek samping lokal ringan (tingkat kejadian 0,01 persen):
• Bengkak
• Rasa sakit
• Kemerahan.

Efek samping samping sistemik (tingkat kejadian 0,1 persen):
• Sakit kepala
• Nyeri otot
• Diare
• Batuk.

“Jadi dari aspek keamanan adalah baik kategorinya, dapat ditoleransi dengan baik,” tutur Penny menguti detikcom.(al)

Waspadai Vaksin Corona Palsu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *