oleh

NA Menyapa ‘Konbanwa’ saat Mahasiswa Jepang Kunjungi Rujab Gubernur Sulsel

SULSELONLINE.COM, MAKASSAR – Sebanyak 21 orang mahasiswa dari Ehime University atau Universitas Ehime bertandang ke Rumah Jabatan Gubernur Sulawesi Selatan di Jalan Sungai Tangka Makassar, Jum’at malam kemarin. Kedatangan mereka bersilaturahmi dengan Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah (NA) dan berdialog.

“Konbanwa,” kata Nurdin Abdullah menyapa saat keluar dari ruang keluarga menemui mereka yang telah menunggu di ruang tamu.

Konbanwa adalah kata yang diucapkan di malam hari atau sore hari, artinya bisa berarti “selamat sore” atau “selamat malam”.

Selanjutnya, bersama istri Liestiaty F Nurdin mempersilahkan mahasiswa mencicipi kue-kue tradisional yang sudah disiapkan sembari membuka bosara, wadah sajian kue. Para mahasiswa terlihat begitu menikmati sajian yang diberikan.

NA banyak menanyakan kesan dan pengalaman mereka selama mahasiswa Jepang ini berada di Sulsel. Mereka berkunjung ke Sulawesi Selatan sejak 14 September dan akan kembali 22 September ke Jepang.

Total mahasiswa yang berkunjung sebanyak 22 mahasiswa, saat kunjungan ini, satu mahasiswa masih berada di Unhas menghadiri acara lainnya. Mereka juga belajar dan berbagi pengalaman dengan mahasiswa Sulsel.

“Kekuatan mereka ada di tim work dan mereka juga mandiri sebagai mahasiswa,” sebut NA.

Sementara itu, Asisten Profesor Pertanian dari Ehime University Jepang, Hiroki Kasamatsu mengatakan, para mahasiswa ini belajar tentang kehidupan sosial di Sulsel.

“Mereka mahasiswa dari Jepang yang belajar tentang kehidupan kampung atau masyarakat pedesaan di Sulawesi Selatan,” ujarnya.

seorang mahasiswa, Hiroki mengatakan, pada 14 September lalu mereka ke Kampung Wisata Delta Lakkang Makassar dan pada 16 lalu berkunjung ke Toraja.

Sedangkan mahasiswa lainnya, Yusuke Hayashi begitu terkesima dengan bangunan rumah jabatan Gubernur Sulsel tersebut.

“Bangunannya sangat besar dan indah, saya sangat terkejut, suasananya juga sangat menyenangkan berada di sini,” ujarnya.

Dia menilai selama program bertemu dengan masyarakat desa sangat ramah dan baik.

“Orang-orangnya baik, begitu juga dengan makanan tradisionalnya, saya akan kembali nanti ke sini,” ungkapnya.

Usai menerima di ruang tamu, NA dan istri mengajak mereka santap malam di Taman Lakipadada. Hadir juga mahasiswa dari Agro Kompleks Unhas.

Nurdin Abdullah dengan mengenakan kemeja putih dipadukan dengan cargo loreng panjang menghibur mereka dengan lagu-lagu Indonesia dan Jepang. Para mahasiswa Jepang ini seluruhnya tampil dengan paduan suara menyanyikan lagu-lagu Jepang.

Bahkan mahasiswa Ehime University dan Universitas Unhas secara spontan bersama-sama tampil menyanyikan lagu Himawari No Yakusoku dari Motohiro Hata, soundtrack Film Doraemon Stand by Me sebagai lagu perpisahan. (*)

Pemprov Sulsel     Bapenda Sulsel     DPRD Kota Makassar     Pemkab Maros

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *