oleh

Hasil Survei Pilkada Maros: Elektabilitas Chaidir Syam-Suhartina Bohari Tetap Teratas

SULSELONLINE.COM, MAROS — Pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Maros, Chaidir Syam dan Suhartina Bohari tetap teratas dalam hasil survei Pilkada Maros.

Hal ini berdasarkan hasil survei popularitas dan elektabilitas bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Maros, yang dirilis Lembaga Script Survei Indonesia (SSI).

Dalam survei ini, SSI melakukan simulasi 3 pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Maros, yakni Chaidir Syam-Suhartina Bohari (Hatikita Keren), Harmil Mattotorang-Ilham Nadjamuddin (Maros Unggul) dan Tajerimin-Havid S Pasha (Tahfidz).

Hasil survei menunjukan Hatikita Keren meraih 45.12 persen, Maros Unggul memperoleh 26.71 persen dan   Tahfidz mendapat 13.54 persen.

Direktur Eksekutif SSI, Yuhardin menyebutkan survei dilaksanakan periode 2–9 Juli 2020, dengan sampel 820 orang yang dipilih secara acak menggunakan metode Multistage Random Sampling, Margin of Error 3,5% yang tersebar di seluruh kecamatan di Maros secara proporsional.

Dukungan masyarakat terhadap Hatikita Keren dalam beberapa bulan terakhir terus meningkat. Dari 14 kecamatan di Kabupaten Maros, 10 kecamatan menjagokan Chaidir Syam-Suhartina Bohari.

Sementara 3 kecamatan mengungulkan Harmil Mattotorang-Ilham Nadjamuddin, sisanya 1 kecamatan pada Tajerimin-Havid S Pasha.

Yuhardin menjelaskan, naiknya tingkat elektabilitas Hatikita Keren  karena masyarakat menilai gerakan kemanusiaan penanganan Covid-19 sangat membantu.

“Meski elektabilitasnya di posisi teratas, masih perlu juga usaha keras untuk mempertahankan dan menambah perolehan suara yang signifikan,” ungkapnya, melalui rilis media yang dikutip Jumat (21/8/2020).

Yuhardin melanjutkan, hampir seluruh masyarakat Maros saat ini sudah dapat menentukan pilihan mereka, hanya ada 14,63 persen yang belum memberikan jawaban.

Untuk diketahui, pasangan Chaidir Syam-Suhartina Bohari telah mendapat usangan dari PAN (6 kursi), PBB (1 kursi), dan PPP (2 Kursi).

Pasangan Harmil Mattotorang-Ilham Nadjamuddin, diusung PKS (2 kursi) dan Nasdem (5 kursi). Pasangan Tajerimin-Havid S Pasha diusung Partai Golkar (7 kursi), PKB (4 kursi) dan Demokrat (1 kursi).

Sementara syarat usungan parpol adalah 7 kursi DPRD Maros. (*)

Pemprov Sulsel     Bapenda Sulsel     DPRD Kota Makassar     Pemkab Maros

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *