oleh

Ayat Seribu Dinar dan Kisah Haru Dibaliknya

SULSELONLINE.COM – Inilah ayat yang jika diamalkan dapat memudahkan rezeki seseorang.

Ayat Seribu Dinas tercantum di dalam Alquran Surat At Talaq.

Surat ini memiliki keutamaan untuk memudahkan rezeki seseorang. Berikut adalah bacaan serta terjemahannya untuk Anda.

Ayat Seribu Dinar dan Artinya

فَاِذَا بَلَغْنَ اَجَلَهُنَّ فَاَمْسِكُوْهُنَّ بِمَعْرُوْفٍ اَوْ فَارِقُوْهُنَّ بِمَعْرُوْفٍ وَّاَشْهِدُوْا ذَوَيْ عَدْلٍ مِّنْكُمْ وَاَقِيْمُوا الشَّهَادَةَ لِلّٰهِ ۗذٰلِكُمْ يُوْعَظُ بِهٖ مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِ ەۗ وَمَنْ يَّتَّقِ اللّٰهَ يَجْعَلْ لَّهٗ مَخْرَجًا ۙ – ٢

Artinya: “Maka apabila mereka telah mendekati akhir idahnya, maka rujuklah (kembali kepada) mereka dengan baik atau lepaskanlah mereka dengan baik dan persaksikanlah dengan dua orang saksi yang adil di antara kamu dan hendaklah kamu tegakkan kesaksian itu karena Allah. Demikianlah pengajaran itu diberikan bagi orang yang beriman kepada Allah dan hari akhirat. Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya”.

وَّيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُۗ وَمَنْ يَّتَوَكَّلْ عَلَى اللّٰهِ فَهُوَ حَسْبُهٗ ۗاِنَّ اللّٰهَ بَالِغُ اَمْرِهٖۗ قَدْ جَعَلَ اللّٰهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا – ٣

Artinya: “dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barangsiapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan-Nya. Sungguh, Allah telah mengadakan ketentuan bagi setiap sesuatu”.

Kisah tentang Seribu Dinar

Kisah ini adalah cerita yang tidak berkaitan dengan ayat seribu dinar. Namun, kisah ini memiliki pesan moral yang baik untuk kehidupan kita. Darusmanwiati (2018: 51 – 53) menuliskan sebuah cerita dari Rasulullah SAW.

Cerita tersebut adalah adanya seorang lelaki Bani Israil yang meminjam uang seribu dinar kepada temannya. Ketika temannya bertanya tentang saksi dan jaminan pinjamannya. Laki-laki tersebut menjawab, “Cukuplah Allah menjadi saksi kita” dan “Allahlah yang akan menjadi jaminannya”.

Alhamdulillah, Pemulung Viral Saat Baca Al Quran di Emperan Toko Akan Diangkat Direktur

Temannya pun percaya dan meminjamkan uang sebesar seribu dinar dalam waktu sekian bulan. Ketika waktu pembayaran itu sudah tiba, laki-laki itu bergegas menuju pantai mencari nelayan dari kampung temannya untuk menitipkan uang. Namun, tak seorang pun yang ia temui.

Laki-laki itu kemudian mengambil sebuah kayu dan melubanginya. Ia menuliskan sepucuk surat dan memasukkannya ke dalam kayu lengkap dengan seribu dinar.

Lalu ia melamparkan kayu itu ke tengah laut dan berkata, “Ya Allah, sebagaimana Engkau ketahui bahwa aku telah meminjam uang kepada temanku di kampung sebelah. Ia memintaku menghadirkan saksi dan jaminan, lalu kukatakan bahwa saksi san jaminanku cukup Engkau, Ya Allah, dan temanku pun merestuinya. Kini waktu pembayaran utang itu sudah tiba. Namun, setelah mencari-cari nelayan yang sekampung dengannya, aku tidak mendapatinya seorang pun. Aku titipkan utangku ini kepada-Mu, Ya Allah. Tolong sampaikan kepada temanku itu”.

Kayu itu pun sampai dan diterima oleh temannya. Setelah temannya mencari-cari lelaki yang berutang dan tak menemuinya. Ia melihat kayu yang mengarah kepadanya. Ia mengambil kayu tersebut untuk kayu bakar, tapi saat dibelah justru kayu itu berisi surat dan seribu dinar. MasyaAllah.

Kisah tersebut memberikan pesan bahwa Allah Maha Kuasa atas segala hal. Ketika kita yakin terhadap-Nya maka apapun bisa terjadi. (al)

Cerita Nyamuk dan Hewan Lain di Alquran

Pemprov Sulsel     Bapenda Sulsel     DPRD Kota Makassar     Pemkab Maros

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *