oleh

4 Dampak Negatif Makan Berlebihan saat Berbuka Puasa

SULSELONLINE.COM — Alasan Makan Berlebihan Saat Buka Puasa Tidak Dianjurkan

Ajang “balas dendam” saat berbuka memang menggoda, sungguh nikmat, tetapi hanya untuk beberapa saat. Beberapa menit atau jam setelah buka puasa dengan porsi melimpah, tak menutup kemungkinan akan muncul masalah pada tubuh. Nah, berikut beberapa dampak makan berlebih saat berbuka puasa.

1. Lemas dan Kantuk

Makan berlebih saat berbuka puasa bisa membuat tubuh terasa lemas dan menimbulkan rasa kantuk. Kondisi ini terjadi saat tubuh mengasup karbohidrat olahan atau tinggi dalam jumlah yang banyak.

Karbohidrat memberi hentakan energi, tetap mengasup karbohidrat olahan dalam jumlah banyak dapat menyebabkan kenaikan gula darah, dan diikuti oleh penurunan kadar insulin. Kondisi inilah yang dapat mengakibatkan tubuh terasa lelah.

2. Mual dan Muntah

Dampak makanan berlebih saat berbuka puasa juga bisa memunculkan rasa mual, bahkan muntah. Kondisi ini disebabkan karena lambung tak sanggup lagi menampung makanan yang terlalu banyak. Tak cuma itu saja, makan berlebihan saat berbuka juga bisa membuat lambung bekerja terlalu berat.

3. Gangguan Pencernaan

Selain dapat membuat lambung penuh dan bekerja ekstra, makan dalam jumlah banyak sehabis puasa bisa memicu masalah pada sistem pencernaan. Nah, kondisi inilah yang bisa memunculkan gejala kembung, mual, rasa begah, hingga nyeri perut.

 

Pemprov Sulsel     Bapenda Sulsel     DPRD Kota Makassar     Pemkab Maros

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *