oleh

5 Aturan Berhubungan Intim yang Aman dan Nyaman Saat Hamil

SULSELONLINE.COM — Bagi kebanyakan wanita berhubungan intim saat hamil mungkin dirasa mengkhawatirkan. Sebab takut kalau hubungan seksual tersebut dapat memengaruhi kesehatan ibu dan janin di dalam kandungan.

Nah, berikut ini 5 aturan berhubungan intim saat hamil yang harus diperhatikan, yaitu:

1. Kandungan Sehat

Aturan berhubungan intim saat hamil yang pertama sudah pasti kandungan harus sehat. Maksudnya kandungan sehat adalah kehamilan yang berlangsung normal, tanpa adanya gangguan, atau penyakit. Gangguan ini bisa berupa mulut rahim terbuka, ketuban pecah, infeksi, dan sebagainya.

2. Lakukan setelah Trimester Pertama

Berdasarkan pernyataan beberapa ahli, sperma mengandung senyawa prostaglandin yang dapat menyebabkan rasa mulas. Karena itu, wanita hamil yang usia kandungannya masih sangat muda tidak disarankan berhubungan intim terlebih dahulu demi menghindari kontraksi dan keguguran. Selain itu, kondisi istri akan sering mengalami mual dan muntah. Bila kondisinya seperti ini, biasanya dorongan gairah pun akan ikut menurun. Lalu, berhubungan intim saat hamil trimester pertama juga masa rawan bagi kandungan karena janin dan ari-arinya belum terbentuk dengan sempurna.

3. Tidak Memiliki Riwayat Perdarahan

Ketiga, pastikan kamu tidak memiliki riwayat pendarahan selama hamil serta tidak mengalami plasenta previa. Kondisi ini adalah posisi perlekatan plasenta atau ari-ari yang berada di bagian bawah rahim, baik sebagian maupun keseluruhan, sehingga berpotensi menutupi jalan lahir.

Selain itu, berisiko menimbulkan pendarahan saat hamil, terutama ketika mendekati waktu persalinan.

Jadi, hindari berhubungan intim saat hamil jika kamu pernah mengalami kedua hal di atas. Sebab dalam kondisi ini, berhubungan intim saat hamil dapat meningkatkan risiko pendarahan yang pada akhirnya membahayakan ibu dan janin.

 

Pemprov Sulsel     Bapenda Sulsel     DPRD Kota Makassar     Pemkab Maros

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *