oleh

Jalan Tol Jakarta-Cikampek Pakai Nama Putra Mahkota Uni Emirat Arab

SULSELONLINE.COM – Pemerintah Indonesia mengganti nama Jalan Tol Layang Jakarta- Cikampek (Japek) menjadi Jalan Tol Sheikh Mohamed Bin Zayed (MBZ).

Peresmian nama baru jalan tol itu berlangsung Senin (4/12/2021). Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengungkapkan, ada beberapa alasan mengapa jalan tol layang terpanjang di Indonesia ini diberi nama jalan putra mahkota Uni Emirat Arab (UEA) itu.

Salah satunya sebagai bentuk timbal balik setelah UEA menamai salah satu jalan di Abu Dhabi dengan nama Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Sebelumnya nama jalan Presiden Joko Widodo juga telah dicanangkan di Abu Dhabi sebuah jalan utama yang strategis antara Abu Dhabi National Exhebition Center menuju ke komplek kedutaan. Ini juga sebuah penghormatan kepada bangsa Indonesia yang diberikan pemerintah UEA khususnya MBZ. Itulah latar belakang dari perubahan nama ini,” ujarnya, Senin.

Pratikno menilai, pemberian nama jalan ini menandakan hubungan diplomatik antara Indonesia dan UEA yang semakin membaik.

Kubungan kedua negara sudah terjadi 1976 atau 45 tahun silam

“Hubungan diplomatik antara Indonesia dan UEA lebih dari 45 tahun sejak 1976 dan hubungan antara dua negara dan bangsa semakin lama semakin akrab baik di bidang sosial dan kebudayaan maupun ekonomi,” ucapnya.

Kerja sama yang dibangun oleh kedua negara mencakup sosial dan budaya hingga ekonomi. Di bidang ekonomi, investasi dari UEA merupakan salah satu investasi terbesar di Indonesia.

UEA baru-baru ini juga ikut memberikan dukungan yang cukup besar kepada Indonesia Investment Authority (INA), lembaga Sovereign Wealth Fund (SWF) Indonesia.

Dana yang dikucurkan mencapai 10 miliar dolar AS atau Rp145 triliun. “Di bidang ekonomi, investasi dari UEA merupakan salah satu investasi terbesar di Indonesia baik infrastruktur maupun dukungan dalam volume yang besar SWF,” kata Pratikno.(al)

 

 

Pemprov Sulsel     Bapenda Sulsel     DPRD Kota Makassar     Pemkab Maros

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *